Nonton Bioskop

1203

Tadi barusan nonton Jurrasic Park yang seri pertama di Trans TV. Tiba-tiba aku nyeletuk… Aku nonton film ini di pertama kali bioskop 21… eh salah ya nulisnya.. pertama kali nonton di 21 film yang kutonton Jurassic Park. Gimana? Persepsinya udah sama blom? Gitu.. tapi waktu aku ingat-ingat lagi ternyata salah. Jurassic Park bukan film yang pertama kali kutonton di 21. Ternyata film pertama yang kutonton di 21 adalah Speed. Hehehe…

Jadi inget dulu udik banget nonton di bioskop 21 Tunjungan. Waktu itu bioskopnya masih di TP-1 Lantai atas sendiri, atasnya Gramedia, seberangnya Pizza Hut sekarang. Yang bikin aku terheran-heran waktu itu adalah .. suaranya. "Gila, ini suaranya sampai masuk ke otak" maklum.. namanya juga anak desa hahahaha… FYI, waktu itu aku baru pindah dari Blitar ke Surabaya.

Dulu sih, di Blitar juga ada bioskop satu-satunya di kota yang berpenduduk 125.000 jiwa itu. Namanya Dipayana. Lokasinya persis di depan rumah. Layout interiornya mirip hall pertunjukkan gitu. Maklum, namanya juga bangunan peninggalan Belanda. Kalo kalian bayangin di bioskop itu nyaman kursinya, dingin udaranya… eits.. ke laut aje…  di gedung bioskop yang kapasitasnya besar itu nggak ada yang namanya AC, sound system pun pokoknya kenceng. Saking kencengnya samapi dari rumah kedengaran suara film yang diputar. Paling ngeri kalo film yang diputer horor. Gila, ketawanya setannya bisa sampe kedengaran dari rumah. Bikin takut keluar rumah. Tapi sayang, tahun 2000 bioskop bersejarah itu akhirnya tutup. Dan sekarang di lokasi itu berdiri sebuah (bisa dibilang) departement store.

Sekarang, bioskop nggak cuman jadi tempat nonton film aja ternyata. Coba kalian perhatiin bener-bener, pasti di tengah gelapnya ruang bioskop, pasti ada aja yang "melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kenikmatan duniawi" (hehehehe…). Untung perusahaan grup 21 kayaknya menyadari hal itu, makanya sekarang kursinya dibikin tinggi dan yang belakang bisa lihat orang di depannya.

Btw… Hayo.. hayo sekarang gantian kalian… kapan pertama kali nonton bioskop??

Facebook Comment