Konsumen Memecat Karyawan Setiap Hari!!!

372

Hai para pembaca blogku yang setia (setelah sekian lama gak narsis, akhirnya muncul kembali, ;p), mau sharing sedikit mengenai pengalaman yang sangat kurang meng'enak'an di sebuah restoran chinesse food yang dibangun dengan konsep franschise.

Saya tidak tahu siapa yang pegang franschise di sana, tapi asli…..itu membuat tamu tidak akan kembali lagi ke sana. Hm….sebut gak yah nama n lokasinya? Ah, sebut aja ah, biar pemiliknya menghubungi n syukur2 minta inhouse training ama kita…hahahaha

Jadi saya makan malam di Chopstix restaurant di Plasa Indonesia, bayangkan restoran di temapt itu kan seharusnya semuanya serba excellence, benar gak?

But, apa yang kita dapatkan di sana? Pelayan yang tidak ramah sama sekali, pelayanan setengah hati, kondisi yang tidak kondusif……pokoknya serba tidak menyenangkan. Yang saya herankan adalah, this is not the first time i had dinner there! Mengapa hal yang sama tetap terjadi? Hm……kalau sudah begini, kelemahan dari sistem franschise terliat…yaitu begitu satu restoran mendapat penilaian buruk maka semua Chopstix seakan-akan sama buruknya. Seharusnya manajemen lebih ketat soal memberikan ijin ini.

Mengapa kami marah-marah di sana? Yang pertama, sikap pelayan yang tidak simpati kalau tidak mau dikatakan jutek! Seakan-akan kami makan di sana tidak bayar! Kemudian juga seakan-akan konsep restorannya salah kaprah bukan mengutamakan pelayanan. Wih…pokoknya sebel banget deh….Sudah jelas datang berlima makan di sana, begitu kita pesan Chinesse n Japannese tea, dia hanya memberikan 2 cangkir……..untuk 2 lagi harus minta sendiri. (come on guys, kalian harus punya kepekaan kalau melihat situasi ini).

Bukan cuma itu, saat kami pesan tambahan , minta tambahan piring kosong, minta sambal dan sendok buat sapo tahu……..(do u know what their answers? Memang tidak ada sendoknya dan harus minta kalau mau mendapatkan sendok! Ups!!!! Juga soal sambal, dijawab tidak ada…padahal jelas2 terlihat ada botol2 saos sambal di dapurnya….UPS!!! Saking betenya saat membayar dan minta bill, saya sengaja bertanya, apakah mereka memiliki kotak kritik dan saran?

Langsung pucat pasi n gak bisa berkata apa-apa mereka. Mereka hanya bisa menjawab tidak ada ,tetapi penuh dengan rasa ketakutan!
Jujur saja, satu-satunya yang membuat bisa tersenyum makan di sana hanyalah tulisan di fortune cookiesnya …'all ur hard works will pay off', jadi sedikit menghibur…sisanya???? ZERO…bahkan MINUS!

Makanan, baik penyajian maupun rasa…..standar habis….
Pelayanan? Ke laut aja dah….
Suasana??? Hm…yang sudah ke Chopstix tahu kan bagaimana di sana?
Yang membuat ramai itu hanya karena saat itu jam makan…..n not so much choices for food there!!!!

Yang terbersit saat itu cuman satu….buat kalian yang bekerja atau berusaha apa pun bidang anda….sadarkah bahwa konsumen memecat pegawai setiap harinya? Jika kita membuat pelanggan kecewa tanpa sadar kita sudah membiarkan mereka memecat kita, sebab uang gaji yang kita dapatkan bukan dari BOS, tapi dari pemasukan perusahaan. Darimana pemasukan perusahaan? jelas jawabannya, dari para pelanggan yang datang…..so…….

Hm….apakah anda ingin dipecat oleh pelanggan anda???
Supaya tidak terjadi…coba deh guys baca buku yang berjudul 'Strategenius', karangan Jeffrey J. Fox yang bisa  membantu anda merasakan bagaimana seharusnya bermarketing ria……

Remember,……do ur best and let God do the Rest!

Leonardus Budi Suryanto
0818-932638
(Bagi anda yang membutuhkan inhouse training atau outbound training untuk karyawan anda, silakan hubungi saya….thanks)

Facebook Comment