Money Is Everything!!!

382

Saya sangat yakin dengan beredarnya tulisan yang satu ini akan menimbulkan kontroversial yang panjang sekali. Tetapi saya sengaja menginginkan hal ini, oleh karena itu tolong berikan komentar anda semuanya guys!

Mengapa saya memilih judul tersebut dan apa bahasan yang ingin saya curahkan di sini? Hm….saya mendengarkan komentar salah seorang terkaya di dunia (Donald Trump) yang mengutip survei yang pernah dilakukan oleh media massa di Amerika bahwa……ada kaitan langsung antara kebahagiaan dengan kesehatan kita. Semakin kita bahagia, semakin kita sehat. Nah, yang menarik adalah apa yang membuat kita bahagia…rata-rata survei menyebutkan bahwa bisa berkumpul bersama teman, saudara dan keluarga akan membuat kita bahagia. Ini disimpulkan bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan! Ok….bagi yang setuju tolong angkat tangan anda! Terima kasih. Sekarang bagi yang tidak setuju…tolong angkat kaki anda…(maaf, itu hanya bergurau.)

Rekan-rekan yang terhormat, para penggemar yang setia…..Donald Trump mengatakan bahwa memang 'Money is not everything…but our lives will be a little bit better with money'. Dia mengatakan bahwa meskipun kita berkumpul dengan keluarga akan membuat kita bahagia….tetapi dengan kita punya akan lebih bahagia juga.

Terus…yang menjadi komentarmu apa Bud? Inilah komentarku….Yes, money isn't everything….but for doing something we need money! Istilah kerennya dalam bahasa Timur Ujung adalah 'Uang memang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang'. Do u see what i mean? Menurut saya yang orang yang mengatakan bahwa uang bukan segalanya, kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang, keluarga tidak bisa dibeli dengan uang dan sebagainya…..itu ada 2 tipe. Jadi akan ada 2 tipe orang yang mengatakan bahwa uang itu tidak penting.

Tipe pertama adalah mereka yang punya uang terlalu banyak, sehingga bisa diwariskan untuk beberapa turunan yang akan datang. Bagi tipe pertama ini, saya setuju bahwa uang bukan segalanya. Karena dia sudah tidak pernah memikirkan uang dalam hidupnya, sehingga mereka menggunakan waktu dan sumberdaya mereka untuk membantu orang lain. Anda kenal dengan tipe pertama ini? Yups…diantaranya ada Bill Gates (orang terkaya no 1 di dunia) dan juga Warren Buffet (orang terkaya no 2 di dunia). Mereka bisa dengan mudah menunjukkan ke kita bahwa memang uang itu bukan segalanya, sebab mereka menyumbangkan 90% kekayaan mereka untuk badan amal, sehingga bisa  membantu orang lain memiliki hidup yang lebih baik. But, there is something we should know….that dengan uang hanya 10% yang diwariskan untuk anak-anak mereka…..mereka tidak akan kekurangan uang untuk beberapa generasi yang akan datang……WOW!

Nah, tetapi ada tipe kedua yang mengatakan bahwa uang bukanlah segalanya. Mereka ini termasuk tipe yang paling 'menyedihkan' di dunia….bukan karena patut dikasihani…tetapi karena sikap mereka tidak perlu ditiru sama sekali. Mereka ini adalah orang-orang yang selalu mencari alasan untuk tidak bergerak lebih maju lagi (maaf, kalau menyinggung), mereka tidak bersedia mengorbankan sedikit kesenangan mereka dengan berusaha sedikit lebih keras (terbukti, lebih rela nonton depan tv bersama keluarga daripada membuka usaha atau bekerja lebih lama). Mereka bisa mengatakan dengan berbagai pembenaran yang dikeluarkan…mulai dari pepatah jaman kuno…..sampai ayat-ayat suci dikeluarkan hanya untuk membenarkan bahwa kita sebagai manusia hidup bukan hanya untuk mencari uang. Saya setuju dengan konsep bahwa manusia hidup tidak hanya untuk mencari uang. Yang saya tidak setuju adalah sikap mereka saat melihat orang lain berusaha kerja keras….seakan-akan sikap itu salah, seakan-akan orang yang bekerja keras itu tidak pernah bersyukur atas berkat yang sudah diterima. Mereka mencibir orang yang bekerja keras….tetapi saat mereka sendiri mengalami suatu musibah (yang biasanya akan berakhir dengan membutuhkan uang dalam jumlah yang lumayan), mereka bisa dengan enteng lupa diri dan meminjam serta memohon bantuan dari orang-orang yang pernah mereka cibir.

Hm…kalau disuruh memilih anda ingin menjadi tipe berapa…..tutup mata pun saya tahu bahwa kita semua akan memilih menjadi tipe pertama….orang yang mengatakan uang bukan segalanya, karena kita telah memiliki uang yang berkecukupan untuk keluarga kita….dan juga lebih dari cukup untuk membantu orang lain yang kesusahan. Am i right?

Okay…terus….mengapa dibilang Money is Everything? Hm…..apakah anda tahu bahwa tingkat perceraian yang tinggi itu adalah akibat kekurangan uang? Apakah anda juga tahu bahwa kita tidak akan bisa bahagia meski berkumpul terus-menerus dengan saudara, teman dan keluarga kita…sementara kita terjebak dalam kegalauan hati akibat (sekali lagi) kekurangan uang? Kita juga tidak bisa bahagia dalam melayani orang lain, dalam bekerja, dalam berkarya jika kita mengalami kesulitan keuangan.

Saya hanya berandai-andai, seandainya……..polisi-polisi…guru-guru…pejabat-pejabat…..pengusaha-pegusaha, karyawan-karyawan, para pekerja seni, artis, produser film, penulis buku, dan semua manusia di dunia ini terjun ke dalam pekerjaan atau pelayanan mereka dalam kondisi mereka sudah kaya, tidak punya masalah keuangan, mereka bisa benar-benar terlepas dari uang karena mereka termasuk tipe pertama dalam mengatakan money isn't everything karena mereka sudah berkelimpahan……wow..alangkah indahnya dunia ini, alangkah indahnya hidup ini.

Memang ini hanya sebuah wacana…tetapi jika sejak awal kita mengatur dengan baik keuangan kita…saya sangat yakin bahwa semua ini bisa terwujud. Mungkin tidak semua guru, tidak semua polisi, tidak semua pengusaha, tidak semua seniman, tidak semua penulis, tidak semua orang…..tapi jika anda semua yang membaca tulisan ini menjadi tipe pertama….at least kita sudah bisa mengubah minimal keluarga dan lingkungan kita menjadi lebih baik! Semoga demikian!

Salam sukses…..dan selamat menjadi tipe pertama…..

Just remember……do ur best and let God do the rest!

Facebook Comment