Perkembangan Flash Memory dalam Kehidupan Modern

396

Pernakah anda berpikir bagaimana kita bisa menyimpan ratusan lagu ke dalam pemutar musik seperti iPod yang berukuran kecil? Chip Flash memory -lah rahasianya. Hampir semua peralatan elektronik masa kini memanfaatkan teknologi ini, misalnya kamera digital, ponsel, mp3 player, radio satelit dan sebagainya.

Tentang Flash Memory:
Flash Memory atau electronic memory memiliki banyak bentuk tergantung aplikasi atau penggunaanya. Flash memory digunakan untuk kepentingan penyimpanan informasi yang mudah dan cepat di dalam peraltan seperti kamera digital,ponsel,gps,atau konsol video games. Sedikit berbeda dengan RAM yang menyimpan data sementara dan biasanya menghapusnya pada saat PC dimatikan. Flash RAM digunakan pada radio mobil dan membutuhkan catu daya eksternal (aki mobil). Bisa dikatakan bahwa flash memory dipergunakan sebagaimana hard disk pada PC.

Kelebihan dan Manfaat Flash memory:
Ada banyak kelebihan yang dimiliki flash memory. Bekerjanya yang noiseless serta aksesnya yang cepat adalah salah satu keunggulannya. Selain itu tentunya ukurannya yang kecil membuatnya menjadi sangat portable. Satu-satunya alasan mengapa dia belum mampu menggantikan hard disk konvensional adalah biaya per megabyte-nya yang lebih tinggi dibandingkan hard disk. Namun dengan berjalannya waktu penelitian akan menemukan solusinya kelak.

Artikel Terkait : Blog Tentang Memory Card (MMC), Toko Memory card (MMC)

Facebook Comment