Bisakah Nokia N96 Mengungguli Para Pesaingnya?

743

Masih berusaha meneruskan tradisi pendahulunya para anggota keluarga N-series, Nokia N96 mencoba menyuguhkan spesifikasi megah yang seharusnya bisa membawanya sebagai pemenang.  Salah satunya tentunya adalah kapasitas penyimpanan data yang luar biasa besar (memori internal 16 GB dan memory eksternal yang mendukung hingga 8 GB, microSD slot).  

Senjata multimedia seperti kamera 5 megapixel dan TV Tuner juga nilai jualnya.  Apalagi upayanya untuk menarik para gamers dengan disain keypad khusus gamers dan jangan lupa terdapat gratis 1 (satu) N-gage game! 

Layar 2.8" TFT LCD nya juga cukup lega dan nyaman di pandang mata dengan resolusi 16 jt warna.   Namun ponsel bongsor berdimensi 103 x 55 x 18 mm dan bobot 125 gr ini masih mempertahankan disain ala Nokia N81 yang tergolong kurang menarik.   Perhatikan pula keypad-nya yang berkesan murah sehingga mengurangi kesan mewah yang semestinya ingin ditampilkannya.

Dengan bandrol harga yang tinggi, agaknya menjadi pertanyaan kita semua mengapa Nokia menggunakan CPU dengan kelas yang lebih rendah dari N95 dan juga batere yang berkapasitas menengah?

Namun sebelum anda terburu-buru memalingkan muka ke pesaing yang lain, coba kita urai kelebihan dan kekurangan tersebut dibnadingkan pesaing.

Mungkin pesaing terdekat Nokia N96 adalah Samsung i8510 INNOV8.  Meski tak punya DVB-H receiver, kamera samsung i850 memiliki penutup lensa. INNOV8 mendukung DivX, DNSe audio technology, dan memiliki batere yang lebih andal.  Selain itu ada optical joystick, yang memudahkan saat kita browsing internet. Memang Innov8 sedikit lebih mahal dari N96 dan tidak memberikan complimentary stuff seperti Nokia Maps, 3 months of voice navigation, a free N-gage game and the Transformers movie.

bagi mereka yang memliliki anggaran ketat mungkin Nokia N95 8GB dapat menjadi alternatif yang lebih baik. Dengan fitur yang hampir selengkap N96,tetapi memiliki battery lebih baik dan CPU lebih cepat. Bahkan disain N95 terlihat lebih elegan daripada N96 ini.


Nokia N95 8GB

Opsi lain adalah Samsung i900 Omnia dan HTC Touch Diamond yang merupakan all-in-one devices . Atau coba simak  HTC Touch Pro dan Sony Ericsson XPERIA X1.


The Windows Mobile lot

Bila TV Tuner yang menjadi alasan anda membeli gadget, LG HB620T dan KB770 sudah sebentar ladi akan di-release. Bahkan KB770 memiliki layar yang lebih lega 3-inch screen. Bandingkan pula dengan Nokia N77 yang sudah beredar namun kurang diperhatikan.   Nah, selamat memilih dan membandingkan!

 

Baca juga Artikel menarik lainnya :

Samsung SGH  i-900 Omnia : Pocket PC ber-TouchWhiz

Apa Pendapat Orang tentang iPhone 3G?

Add to Technorati Favorites
Blog Flux Pinger - reliable ping service.
Infogue.com
Facebook Comment