Set up Ponsel Nokia Sbg MODEM (for Dummies)

339
omnia

Bagi mereka yg mobile dan most of the time  ingin connected to the net, ponsel/smartphone/PDA phone bisa sangat membantu paling sedikit untuk memeriksa e-mail atau berkirim pesan (messenger/chat). Bahkan utk browsing dan download kecil-kecilanpun sudah bisa diakomodasi oleh smartphone masa kini.   Sayangnya, layar ponsel/gadget yg mini tersebut seringkali tidak membuat kita nyaman. 

omniaDengan demikian kita tetap membutuhkan layar notebook/laptop.  Tapi bagaimana bila tidak tersedia WI-FI atau koneksi broad-band internet? Ya, terpaksa kita memanfaatkan ponsel sebagai MODEM.  Jangan khawatir, kendatipun kita memanfaatkan koneksi internet via ponsel (biasanya memanfaatkan kanal data EDGE atau GPRS) namun ponsel terkini sudah mampu pula men-support kanal data yang lebih baik (HSPDA/UMTS/3G dengan syarat sinyalnya bisa ditangkap di lokasi anda). Bicara tentang keadaan darurat, bagi mereka yg urgent dgn koneksi net tentunya  mengandalkan kanal GPRS sekalipun sudah lumayan (daripada tidak sama sekali, ya kan?).

Berikut ini adalah contoh pemanfaatan Nokia Series 40 sebagai modem.

 Pedoman meng-install/set up Wireless Modem (Ponsel Nokia Series 40) :

Untuk dapat memfungsikan ponsel Nokia series 40 (Nokia 3100,3120,5100,6100,6610/6610i,7250/7250i,dll) sebagai modem, pada prinsipnya anda membutuhkan:

  • Ponsel yang telah di-set up fitur GPRS-nya, dengan SIM Card yang telah di-aktivasikan fitur GPRS-nya. Lihat Cara Aktivasi GPRS.
  •  PC dengan system operasi Windows XP.
  • Perangkat konektivitas, misalnya Kabel Data DKU-5 (dalam contoh ini penulis menggunakan kabel data MA-8620C (Mobile Action)) atau Infrared Adapter (IrDA, untuk tipe ponsel ber-infra merah seperti Nokia 6610,7250 dll), yang telah menyertakan CD Installer (Handset Manger Software CD-ROM) untuk kabel Data USB dan Wireless Modem-nya.

Add to Technorati FavoritesBlog Flux Pinger - reliable ping service. Infogue.com

   

Selanjutnya ….. (Baca Artikel Lengkap : Langkah-langkah Setup Wireless Modem)

Facebook Comment