Mengulik Daya Tarik Sony Ericsson Xperia X1

506

Belum dengar tentang Sony Ericsson Xperia X1? Itu tidak boleh terjadi dengan Anda.

Ponsel Multimedia satu ini telah tenar bahkan sebelum waktu rilisnya. Apa sih keistimewaannya disamping nama besar Sony Ericsson tersebut? Banyak pastinya.

 

Sistem Operasinya adalah salah satunya. Bila sebelumnya Windows Mobile terkesan kurang user-friendly maka Sony Ericsson Xperia X1 telah merubah segalanya. Sony Ericsson Xperia X1 mengusung sistem operasi Windows Mobile 6.1 professional sebagaimana gadget berbasis Windows Mobile lainnya.

 

 

 

 

 

Bedanya dengan WinMo devices lain adalah sistem panel interface yang diciptakan Sony Ericsson, dimana terdapat penggabungan application launcher dan widgets. User bisa memiliki hingga 9 panel untuk memudah akses (quick access) dari homescreen menuju misalnya Facebook,Dashwire, pictures,music ,Google, Windows Live dan lain-lain. Media Xperience panel nya memudahkan user untuk meng-akses semua media dalam tata letak (layout) ala Playstation 3 (Playstation 3 themed layout).

 

Tapi yang paling menonjol pastilah disain fisiknya yang unik tersebut. Bertubuh brushed metal dengan pilihan warna silver dan hitam, Sony Ericsson Xperia X1 berlayar 3.0" 65k warna WVGA (480 x 800). Dengan menggeser layar tersebut kita akan menjumpai keyboard full QWERTY di bawahnya. Perhatikanlah tombol yang disediakan di bagian bawah layar: sebuah tombol navigasi segi empat dan beberapa soft keys yang didisain membentuk huruf "X".

 

 

 

 

 

Sony Ericsson Xperia X1 memiliki kamera 3.2 megapiksel dan tanpa autofocus. Tidak begitu bagus kualitas photo indoornya namun cukup baik untuk outdoor. Interface fungsi kamera cukup baik dimana user bisa dengan mudah menyesuaikan scene mode (night, potrait dsb), mengatur focus,flash dan shot mode. Mengingat X1 tidak dipasarkan sebagai high end camera phone maka apa yang dihasilkan kamera 3.2 megapiksel nya lumayan baik.

 

Sumber tenaga X1 berasal dari Qualcomm MSM7200 processor 528MHz dengan 256 MB RAM, 512 MB ROM dan mendukung microSDHC. Itu semua menghasilkan kecepatan yang lumayan baik meski masih dibawah speed HTC, terutama saat me-load interface panel. X1 mendukung quad-band GSM device dengan tri-band 3G radio.

Dalam hal konektivitas, Sony Ericsson Xperia X1 memiliki Wi-Fi b/g, unlocked GPS , Bluetooth 2.0 yang mendukung profile: Headset (HSP)/Handsfree (HFP)/Generic Object Exchange (GOEP)/File Transfer (FTP)/Object Push (OPP)/Generic Access (GAP)/Serial Port (SPP)/Service Discovery Application (SDAP)/Human Interface Device (HID)/Advanced Audio Distribution (A2DP)/Audio/Visual Remote Control Profile (AVRCP)/Personal Area Networking Profile (PAN).

Daya tahan battery lumayan baik, dengan talk time 10 jam dan stand by 13 hari. Bila memanfaatkan video calling battery diperkirakan bisa bertahan 3.1 jam.

Secara keseluruhan X1 memiliki daya tarik pada disainnya dan interface windows mobile yang user-friendly. Meski demikian interface ini memang belumlah sebagus HTC dengan TouchFLO 3D nya.

Baca juga Artikel berikut:

Bisakah Nokia N96 Mengungguli Para Pesaingnya?

Add to Technorati Favorites Blog Flux Pinger - reliable ping service. Infogue.com
Facebook Comment