Wisata Bali Butterfly Park Wanareja Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia

1007
Taman Kupu-Kupu 3

Bali Butterfly Park ada di Desa Wanasari, Kabupaten Tabanan, kurang lebih 5 km sebelah utara kota Tabanan.

Taman ini buka setiap hari dari Jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Tiket masuk terakhir bisa didapatkan sebelum jam 4 sore. Taman kupu-kupu ini sudah ada dari tahun 1996 dan dikelola oleh PT. Kupu-kupu Taman Lestari.

Bali Butterfly Park mempunyai area seluas 1 Hektar dengan netting area (ruangan yang tertutup jaring) seluas 3.700 m2. Netting area ini dipakai untuk melepas kupu-kupu yang jumlah minimalnya 3.500 ekor per bulan. Kupu-kupu yang dilepas di taman ini terdiri dari semua jenis kupu-kupu yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu kupu-kupu yang paling terkenal di dunia yang bisa kita temukan di Taman Kupu-Kupu adalah jenis Sayap Burung Sorga (Omithoptera Paradisea Priamus).

Di taman ini, pengunjung juga bisa membeli aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti: framing butterfly (bingkai isi kupu-kupu), framing beetle (bingkai isi kumbang), gantungan kunci yang terbuat dari serangga, pembatas buku, paper weight (penindih kertas) yang terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu, dan lain-lain.

Bali Butterfly Park adalah taman satu-satunya di Indonesia yang mengembangbiakkan sekaligus menangkar kupu-kupu untuk keperluan pengetahuan ilmiah atau sebagai study pendidikan di masa mendatang. Taman ini juga menjadi salah satu obyek wisata yang menarik di Bali dan dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sumber: wisatanesia, e-kuta.com

Facebook Comment