Wisata Air Terjun Singsing Kabupaten Singaraja, Bali

537
Air Terjun_Singsing_2

Lokasi air terjun Singsing yang ada di daerah perbukitan, membuat pengunjung bisa melihat indahnya pantai Lovina dari bukit. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke air terjun setinggi 12 meter ini karena suasananya yang tenang, alami, dan sejuk.

Air terjun Singsing ada di Desa Temukus, Kecamatan Banjar, 3 km dari pantai Lovina, Singaraja. Obyek wisata ini bisa dicapai dengan kendaraan bermotor, sampai ada penunjuk arah yang menunjukkan pengunjung harus berjalan kaki sepanjang 600 meter untuk sampai kepada air terjun yang pertama. Untuk sampai di air terjun kedua yang letaknya lebih tinggi, harus melalui jalan yang terjal.

Tidak jauh dari air terjun Singsing, ada satu monumen yang dikenal dengan nama monumen Belanda. Monumen ini dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda, untuk menghormati  seorang Perwira Belanda yang gugur dalam perang Banjar pada tahun 1868.

Ada beberapa fasilitas untuk pengunjung seperti tempat parkir dan warung yang diusahakan oleh Banjar setempat. Walaupun jalan setapak menuju air terjun Singsing belum diaspal, tapi jalannya cukup baik sehingga menambah suasana alaminya.

Sumber tulisan: baliantiqueco.tripod.com
Sumber foto: detik.com
Facebook Comment