Meet The Millennials, bagaimana menerima kritikan dengan baik

350
Meet the Millennials

Drive N’ Jive di Meet the Millennials, Selasa (31/01) Bersama Dylla Agnesia dan Rian Ibram seperti biasa bersama founder OMG Creative Consulting dan penulis dari buku Generasi Langgas, Yoris Sebastian.

Pernah nggak kalian dikritik oleh atasan? Apa kalian pernah merasa dikritik sampai membuat kalian tidak bisa melupakannya?

Generasi Millennials jaman sekarang dibesarkan dengan reward, contohnya ketika kita juara kelas, maka kita akan mendapatkan reward.

Di rumah atau di sekolah, kita sering dipuji-puji karena mengalami perubahan, tetapi berbeda dengan di kantor. Saat kita tidak mengalami perubahan, maka kita akan dikritik. Biasanya, Millennials akan langsung mengeluh dan akhirnya berujung resign, setelah dikritik atasannya.

Terbiasa dengan mendapatkan pujian ataupun rewards, tanpa mendapatkan kritik membuat Millennials memiliki mental yang manja.

Terkadang Millennials lupa kalau atasan sebelumnya berkembang karena adanya kritikan, maka dari itu, banyak atasan yang beranggapan bahwa seseorang yang tidak mengenal kritikan sama saja dengan tidak bekerja.

Berbagi cerita juga di Meet The Millennials, Alamanda Shantika yang pernah bekerja di korporasi dan startup membuatnya sering bertemu dan menghadapi Millennials.

Berbeda sebagai atasan, ia juga menerima kritikan dari bawahan, yang juga dijadikannya sebagai sebuah masukan.

Saat ia melakukan kesalahan pun, Alamanda mengakuinya terlebih dahulu, baru kemudian ia menerima kritikan dari orang lain. Hal ini membuatnya senang karena ia dapat menyadari kesamaan ekspektasi antara orang lain dan dirinya sendiri. Dengan begitu, ia dapat menerima kritikan sekecil apa pun dari orang lain.

Alamanda pun bercerita, bawahannya akhirnya terbiasa menerima kritikan karena hal ini dapat menciptakan forum diskusi yang baik antara bawahan dengan atasannya. Menerima kritikan seperti Alamanda ini akan menjadi trend di lingkungan kerja di masa depan.

Untuk menerima atau memberi kritikan, awalnya harus ada fakta terlebih dahulu. Jika sudah ada fakta yang mendukung, kita atau orang lain akan lebih mudah menerima kesalahan yang dilakukan. Baru setelah itu, kita ataupun orang lain akan lebih menerima kritikan dengan baik. Dan jadikanlah hal itu menjadi sebuah kebiasaan.

Millennials dapat menerapkannya juga, asal kalian tau waktu yang tepat untuk berbicara dengan atasan. Pastikan juga kritikan itu adalah kritikan yang dibutuhkan oleh orang tersebut, bahkan kalau bisa ditambahkan saran untuk kebaikan orang tersebut.

So, gimana Hard Rockers? Semakin menarik pembicaraan kita setiap minggunya yaa! Semoga kalian bisa mengambil nilai-nilai positif untuk kehidupan kalian kedepannya.

Jangan sampai ketinggalan Meet The Millennials bersama Yoris Sebastian, setiap Selasa Pukul 19.00 sampai Pukul 20.00. Supaya nggak kelewatan, streaming terus Hard Rock FM di sini!

[teks Hardianti Budhi | foto Hard Rock FM]

Baca juga:
Kit Kat Sushi jadi makanan paling menarik buat dicicipi
Beyoncé Knowles kalahkan rekor Selena Gomez di Instagram
Sarapan bareng #GMHR ditemenin Dira Sugandi & Sri Hanuraga Trio

Facebook Comment