Perjanjian ini buat Anda tidak miliki game yang dibeli

258

Konsepnya: Anda datang ke toko game online; mengeluarkan sejumlah uang; mengunduh game tersebut; dan leluasa memainkannya hingga tamat. Sayangnya, game tersebut sebenarnya bukanlah milik Anda. Pengembang game masih mendapatkan hak penuh dalam game tersebut dengan sesuatu yang disebut End-User Lisence Agreement (EULA).

Karena memang bukan milik Anda, pengembang pun berhak mencabut segala akses untuk memainkan game yang mereka buat kalau Anda terindikasi melanggar perjanjian. Parahnya lagi, banyak gamer yang ternyata ogah membaca perjanjian yang diberikan di awal setelah game terpasang di perangkat Anda. Semua bacaan, pasal-pasal, dan ketentuan hanya dijawab dengan satu ketukan “Setuju”.

Akun YouTube The Lazy Monday dengan sangat apik memberikan informasi tentang kepemilikan game untuk Anda. Sebuah perjanjian panjang dengan bahasa hukum memang akan bersifat mengikat, tapi ternyata semua perjanjian tersebut hanya bersifat satu arah.

Tenang, Anda tetap bisa memainkan semua game yang Anda beli, dengan catatan Anda menggunakannya dengan benar.

Di bagian akhir video, The Lazy Monday juga tetap memberikan keuntungan dengan adanya perjanjian tersebut.

Ternyata ini tetap win-win-agreement.

Source: Maxim Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Petualangan Smurfs menemukan The Lost Village
Chrissy Teigen, artis cantik berhati malaikat!
Museum untuk mengenang Carrie Fisher dan Debbie Reynolds

 

Facebook Comment