5 fakta paling menarik tentang Stonehenge

165
Stonehenge

Pernah melihat foto bebatuan raksasa berdiri di tengah-tengah padang rumput? Itu adalah Stonehenge yang terletak di kota Salisbury, Inggris. Tidak sedikit orang yang tercengang atas keberadaannya yang unik. Simak fakta menarik mengenai Stonehenge berikut ini.

Pernah dilelang

Setelah keturunan dari pemiliki sebelumnya tewas dalam Perang Dunia I, Stonehenge dilelang dan seorang penduduk lokal bernama Cecil Chubb memenangkannya dengan harga ?6.600. Namun, ia memutuskan untuk memberikan monumen tersebut kepada pemerintah Inggris setelah memilikinya selama 3 tahun.

Dibuat selama 1500 tahun

Pembangunan Stonehenge membutuhkan waktu hingga 1500 tahun lamanya, dimulai dari proses penggalian, peletakan batu, hingga penataannya.

Pernah menjadi kuburan

Para antropologis meyakini bahwa Stonehenge awalnya digunakan untuk menaruh abu kremasi bagi mereka yang sudah meninggal. Aubrey Holes yang ada di area tersebut sendiri merupakan kuburan untuk sedikitnya 64 orang Neolitikum.

Pernah boleh dipanjat

Turis yang mengunjungi Stonehenge diperbolehkan untuk memanjat bebatuan tersebut hingga tahun 1977. Larangan ini dibuat akibat adanya erosi yang terjadi di batu-batu tersebut karena bersentuhan dengan manusia.

Memiliki banyak mitos

Karena bentuknya yang sangat besar dan sudah ada sejak zaman dahulu kala di mana teknologi belum secanggih sekarang, banyak mitos yang meliputi Stonehenge. Mulai dari penduduk zaman Medieval yang meyakini kalau Stonehenge diciptakan oleh penyihir terkenal bernama Merlin hingga bebatuan tersebut diletakkan oleh para iblis.

Source: Her World Indonesia 

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Yeaay! Ed Sheeran akan konser di Indonesia!
Back on track, Miley Cyrus rilis single country pop “Malibu”
Kolaborasi bareng, Raisa & Isyana jadi pendatang baru chart 10Kita

 

Facebook Comment