Kolaborasi Tompi dan Glenn Fredly untuk single “Agamamu, Agamaku”

545
Tompi

Friday I’m In Lounge sukses bikin Hard Rockers bangun pagi-pagi karena hari ini, Jumat, 9 Juni, kamu akan ditemani seorang penyanyi yang juga dokter spesialis bedah plastik, siapa lagi kalau bukan, Tompi!

Dateng ke Hard Rock FM, Tompi membawa sesuatu yang baru, yaitu 2 lagu terbarunya “Agamamu, Agamaku” dan remake “Ramadhan Datang”.

Dalam single “Agamamu, Agamaku”, Tompi menggandeng salah satu personel dari Trio Lestari, yaitu Glenn Fredly yang juga ikut tampil di FIIL lho, Hard Rockers!

Bukannya pilih kasih, awalnya, seharusnya Sandhy juga ikut serta dalam kolaborasi ini. Namun, karena jadwal rekaman yang hanya berlangsung selama 2 minggu, dan kebetulan Sandhy juga berhalangan, maka “Agamamu, Agamaku” menjadi single kolaborasi antara Tompi dan Glenn saja.

Melihat judul lagunya yang dapat dikatakan sangat personal dan nggak dipungkiri, belakangan, isu agama sedang hangat jadi pembicaraan masyarakat. Hadirnya lagu “Agamamu, Agamaku” ini bertujuan supaya kita dapat semakin menghargai keberagaman dan berhenti mengurusi agama orang lain.

Nggak sedikit juga dari masyarakat yang komentar tentang judul lagu mereka ini. Ada yang berpikiran panjang dan menerima lagu ini, namun ada juga yang berpikiran pendek dengan langsung menghujat, padahal belum mendengarkan lagu ini.

Mereka beranggapan, gw memproklamirkan agama orang lain sebagai agama gw,” kata Tompi.

Bahkan, mereka pun protes dengan menyebutkan judul lagu ini seharusnya “Bagimu Agamamu, Bagiku Agamaku”. Berbeda dari dulu yang nggak pernah menanggapi tanggapan orang, sekarang Tompi mulai menanggapi komentar-komentar masyarakat.

Menurut Tompi, ‘kebodohan’ itu harus dipinterin, “kalau kita biarkan bodoh dan sesat, ‘ntar bodoh terus.”

Rilis single religi “Agamamu, Agamaku”, mau tau dong tanggapan pribadi dari masing-masing penyanyinya?

Tompi mengungkapkan supaya masyarakat nggak terlalu ngurusin masalah agama orang lain, bahwa agama itu adalah urusan personal dengan Tuhan.

Setiap agama itu nggak sama, urusan bagaimana kepercayaan lo itu personal sekali, nggak perlu gw ngurusin Glenn itu nyembah apa, bukan urusan gw. Begitu juga Glenn, nggak perlu ngurusin gw nyembah apa karena itu personal kita dengan pencipta-Nya,” kata Tompi.

Begitu juga dengan Glenn Fredly yang menyetujui pendapat Tompi, dan lebih ingin menyampaikan indahnya keberagaman dan pentingnya bertoleransi.

Setuju dengan Tompi bilang, akhirnya kita berbicara tentang bagaimana kita melihat perbedaan itu dari persprektif bahwa kita menghargai, justru karena keberagaman ini yang membuat kita jadi paham bahwa satu dengan yang lain bisa kok untuk saling melengkapi dan mempelajari. Kalau dilihat dari doktrin, ini bukan idiologi. Agama itu bagaimana kita belajar tentang spiritual hidup yang menggaet kita untuk saling mempelajari satu sama lain,” kata Glenn.

Glenn pun juga menceritakan tentang tanah kelahirannya, Ambon, yang seperti kita ketahui bersama, dulu kala sempat mengalami konflik berkaitan dengan agama.

Ambon punya sejarah karena agama yang di politisasi, sampai akhirnya sekarang kehidupannya jauh berbeda. Masyarakat sana udah nggak mau ngomong tentang agama lo apa, tapi bagaimana caranya untuk maju sama-sama.”

Maka dari itu, tujuan dibuatnya lagu “Agamamu, Agamaku” ini supaya masyarakat semakin menghargai keberagaman dan berhenti mengurusi agama orang lain. Bagaimana kita dapat mencintai perbedaan dan saling menghargai untuk kehidupan yang saling berdampingan.

Penasaran seperti apa penampilan mereka? Lihat penampilan Tompi dan Glenn di bawah ini!

Thank you for coming to Hard Rock FM, Tompi and Glenn Fredly! Sukses untuk single dan campaign kolaborasi kalian yaa!

[teks Sekar Retno Ayu | foto Instagram @hardrockfm]

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Jam tangan bergaya militer dari TAG Heuer
Sam Smith segera kembali dengan lagu baru
Patti Smith ungkap perjalanan kariernya dalam buku ini

Facebook Comment