Tips dapatkan tiket mudik last-minute yang murah

668
Mudik

Belum sempat membeli tiket mudik? Worry less dear, ini tipsnya supaya Anda tetap bisa pulang ke kampung halaman.

Jauhi akhir pekan

Pada hari-hari last minute menjelang lebaran, harga tiket memang sudah dipastikan akan melonjak tinggi. Hal ini memang sudah menjadi risiko jika Anda lupa membeli tiket dari jauh-jauh hari. Namun berdasarkan survei dari Tiket.com, tiket pada akhir pekan dan hari Senin biasanya akan melonjak lebih tinggi dibandingkan hari-hari lainnya. Jadi ada baiknya Anda membeli tiket pada hari-hari lain jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

Lihat kembali Bandara penerbangan

Jika Anda mencari tiket pesawat, ada baiknya Anda memilih pergi dari bandara internasional yang ramai dibandingkan bandara kecil. Semisal, tiket pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta bisa lebih murah dibandingkan jika Anda berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma. Hal ini terjadi karena ada lebih banyak penerbangan termasuk beberapa penerbangan murah yang dilayani di Bandara Soekarno-Hatta. Persaingan antar-maskapai akan membuat Anda bisa menemukan penerbangan dengan harga yang lebih murah.

Lupakan soal waktu pemesanan

Karena sudah last minute, Anda tak bisa memaksakan diri untuk mendapatkan tiket pesawat atau kereta sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Ada baiknya Anda mengecek setiap waktu keberangkatan yang tersedia dan menyesuaikan jadwal agar bisa mengejar waktu tersebut. Psst, bahkan harga tiket antara setiap jadwal keberangkatan pun biasanya selisihnya tidak jauh berbeda. Saran Cosmo, untuk tiket pesawat, cek jadwal keberangkatan ketika dini hari atau tengah malam karena biasanya masih ada ketersediaan beberapa kursi dan harganya pun lebih murah.

Manfaatkan aplikasi pemesanan

Di zaman serba modern ini, tak ada salahnya Anda menggunakan aplikasi pemesanan tiket online yang tersedia di ponsel. Tiket last minute biasanya lebih mudah di-track ketika Anda menggunakan aplikasi dibandingkan lewat website. Hal ini terjadi karena proses klaim tiket lewat aplikasi jauh lebih cepat dan proses loading data pun lebih mudah dibandingkan lewat website.

Pilihan lain? Lihat website travel

Beberapa website seperti www.lastminute.com atau www.tiket.com biasa memiliki beberapa penawaran menarik untuk Anda yang ingin membeli tiket ketika last minute. Bahkan menjelang hari raya pun masih ada beberapa potongan harga yang bisa Anda nikmati. Psst, informasi soal kereta api ketika last minute seperti penambahan gerbong menjelang hari raya pun bisa didapatkan di sini. Plus Anda bisa memilih satu dari sekian banyak pilihan untuk mendapatkan harga yang paling murah.

Pesan tiket secara terpisah

Ingin membeli banyak tiket sekaligus untuk keluarga? Beli secara terpisah. Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk bisa mendapatkan tiket dengan harga yang sama murahnya. Semisal Anda ingin membeli empat tiket, maka belilah dua tiket terlebih dahulu. Atau jika Anda ingin memesan tiket pulang-pergi, lakukan secara terpisah untuk mendapatkan harga yang termurah. Hal ini terjadi karena biasanya penawaran menarik dikhususkan untuk satu perjalanan saja.

Pilih maskapai yang paling baik

Walaupun harganya memang lebih mahal, tapi tak ada salahnya dicoba. Maskapai besar seperti Garuda Indonesia biasanya memiliki jadwal terbang yang paling banyak dibandingkan maskapai lain. Semisal Anda ingin terbang dari Jakarta menuju Surabaya, Garuda Indonesia memiliki jadwal terbang hingga 16 kali dalam satu hari.

Kunjungi bagian ticketing untuk pesawat

Tanyakan bagian ticketing untuk menanyakan ketersediaan tiket pesawat, dan jangan malas untuk memasukkan nama Anda dalam daftar tunggu. Pesawat biasanya memiliki cadangan beberapa kursi untuk konsumen yang memiliki kondisi sangat darurat. Jika Anda mau menunggu, 30 menit sebelum boarding biasanya ticketing memiliki informasi seputar penumpang yang membatalkan penerbangannya saat masa check-in ditutup. Pastikan saja Anda membawa uang cash yang cukup untuk bisa mendapatkan kursi. Bahkan di saat seperti ini, biasanya harga tiket justru akan lebih murah untuk meningkatkan load factor. Happy hunting, dear!

(Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Outnow.ch)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Tips agar tidak kehabisan uang di akhir bulan
Ini bahaya langsung tidur setelah santap sahur
5 solusi jitu agar tidak kalap makan saat berbuka puasa

Facebook Comment