10 film terbaik karya sutradara Christopher Nolan

539
Christopher Nolan

Christopher Nolan telah menghasilkan 10 karya sinema besar dalam 19 tahun kariernya sebagai sutradara Hollywood. Menariknya, sebagaimana kita tahu, kesepuluh karya sinemanya tersebut berhasil meraih penilaian brilian dari berbagai kalangan.

Nolan juga disebut sebagai sutradara pertama yang berhasil meramu dengan baik sisi drama dan kompleksitas konflik pada film-film pahlawan super, seperti yang tampak sejak reinkarnasi Batman dalam trilogi Dark Knight.

Dua pendekatan utama yang kerap digunakan Nola ketika menyutradarai film adalah mengubah perspektif waktu serta membentuk ‘kekacauan’ yang mampu membuat kondisi sosial di setiap karyanya menjadi lebih kompleks dan tidak mudah ditebak jalan ceritanya.

Jika Anda mulai menyadari bahwa Christopher Nolan adalah sosok sutradara brilian setelah menonton film Dunkirk yang tengah diperbincangkan secara luas oleh publik saat ini, maka 10 film besutannya di bawah ini wajib Anda tonton.

10. The Dark Knight Rises (2012)

Bagian akhir dari trilogi Dark Knight ini berhasil membuat penonton terkecoh oleh rasa putus asa yang ditunjukkan oleh Batman (Christian Bale). Apalagi ditambah dengan kehadiran Bane (Tom Hardy) sebagai musuh utama, membuat Batman mengalami pergelutan batin yang kompleks dalam memposisikan dirinya di tengah kekacauan kota Gotham yang dilanda kekacauan besar.

9. Interstellar (2014)

Nolan sangat serius menghadirkan konsep filosofis tentang teori ruang dan waktu dalam sebuah epik fiksi ilmiah berdurasi hampir tiga jam lamanya. Dibintangi oleh Matthew McCounaghey dan Anne Hathaway, film ini menceritakan tentang perjalanan sekelompok astronot melewati lubang hitam untuk mencari planet yang bisa menggantikan habitat manusia di bumi.

8. Following (1998)

Film ini merupakan karya debut Nolan di layar lebar. Cerita yang diangkat adalah tentang seorang pria yang berkeliling kota London, mengikuti banyak orang asing guna mempelajari pola hidupnya. Cerita kian kompleks ketika pria terkait menjadi dekat dengan seorang pencuri kelas kakap yang ternyata memiliki cerita lebih kelam di baliknya. 

7. The Prestige (2006)

Hugh Jackman dan Christian Bale memerankan karakter dua pesulap yang terobsesi dengan karya-karya sulapnya. Obsesi berlebih keduanya justru berujung pada kisah thriller yang mencekam guna mewujudkan ambisi menjadi pesulap terhebat di dunia.

6. Batman Begins (2005)

Dalam seri pertama trilogi Dark Knight ini, Nolan tidak hanya menghidupkan kembali sosok Batman, melainkan juga mengubah stigma umum tentang pahlawan super, yakni menjadikan karakter manusia kelelawar tesebut lebih humanis.

5. Insomnia (2002)

Ini merupakan film lain karya Nolan yang menyuguhkan perubahan dramatis karakter protagonis menjadi sosok yang ‘gila’. Al Pacino, sebagai bintang utama, memerankan karakter polisi yang tengah memburu seorang pembunuh berantai (Robin Williams) di sebuah kota di Alaska yang mataharinya tidak pernah benar-benar bersinar terik.

4. Dunkirk (2017)

Karya Nolan yang paling baru ini menceritakan tentang upaya evakuasi pasukan Inggris dan Sekutu yang terdesak oleh serbuan tentara NAZI pada pertengahan Perang Dunia II di Dunkirk, sebuah kota pesisir di utara Prancis yang berbatasan dengan Inggris via selat Channel. Secara brilian, Nolan menyajikan kisah film ini dengan penuh tekanan yang mampu membuat campur aduk emosi penonton.

3. The Dark Knight (2008)

Hingga saat ini, The Dark Knight masih tetap disebut sebagai film pahlawan super terbaik sepanjang masa berkat akting penuh penjiwaan oleh aktor Heatl Ledger pada karakter antagonis yang sangat gila, Joker. Sayang, beberapa waktu kemudian, sang aktor yang pernah meraih piala Oscar ini, meninggal dengan cara bunuh diri.

2. Inception (2010)

Film yang diakui oleh banyak orang sebagai film yang paling membingungkan sekaligus kreatif. Nolan berhasil hadirkan plot cerita yang bergerak maju dan mundur secara ekstrem, namun dibarengi dengan penggunaan teknik sinematografi yang unik dan canggih.

1. Memento (2001)

Bersama dengan saudara kandungnya, Jonathan Nolan, hadirkan sebuah narasi film penuh ‘kegelapan’ tentang seorang pria (Guy Pearce) yang berupaya menelusuri lika-liku penuh misteri mengenai jejak pelaku pembunuhan sang istri. Berkat film ini, Nolan bersaudara berhasil meraih piala Oscar untuk kategori film orisinal terbaik di ajang Academy Awards 2002.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Jam tangan tangguh untuk para petualang
Art performance KitaPoleng di Art Jakarta 2017
Payung Teduh ajak nikah lewat single terbarunya “Akad”

Facebook Comment