Camilan-camilan berikut ini akan menambah energi Anda

421

Jam-jam “nanggung”, katakanlah jam 10 pagi dan 3 siang, adalah waktu-waktu yang berbahaya. Jam makan besar belum terlalu lama lewat. Anda merasa sudah cukup mengisi bahan bakar, tapi herannya di jam-jam seperti itu lapar tiba-tiba merongrong. Apa yang Anda butuhkan? Bukan secangkir kopi, tapi kudapan.

Ngemil adalah kesempatan yang bagus untuk mengisi-ulang energi dan meningkatkan metabolisme – ini adalah cara terbaik untuk mendongkrak pasokan energi Anda,” kata dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, spesialis gizi klinik di Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM.

Tapi tentu saja Anda harus melakukannya dengan cerdas. Jangan asal ngemil. Anda harus memilih kudapan dengan kandungan nutrisi yang baik agar kesempatan makan kecil ini tidak menjadi bumerang bagi kesehatan dan lingkar pinggang Anda. Di bawah ini adalah dr. Fias menyarankan tujuh macam kudapan sehat yang pas untuk meningkatkan energi Anda.

1. Buah-buahan

Kedua macam buah ini memilih kandungan vitamin C, antioksidan dan serat yang besar – solusi terbaik saat Anda membutuhkan tambahan energi plus nutrisi yang baik. “Kandungan vitamin, mineral, dan karbohidratnya, bisa memberi energi dengan cepat,” kata dr. Fias.

Selain pisang dan apel, buah-buahan yang lain tidak kalah bagusnya. Pilihan alternatif yang kami sarankan adalah buah-buahan keluarga berry karena memiliki kandungan gula yang rendah.

Porsi rekomendasi: 1 buah atau 1 cangkir jenis buah berry atau buah potongan jenis lain.

Kalori: 80 -120, tergantung jenis buah.

2. Yogurt dan sereal

Bila Anda membutuhkan energi ekstra untuk latihan beban di gym, taruhlah begitu pukul 5 sore Anda langsung kabur meninggalkan kantor dan pergi ke gym terdekat, yogurt adalah pilihan yang sangat bagus. Taburkan sereal di atasnya untuk energi instan, saran dr. Fias.

“Anda akan mendapatkan karbohidrat dari sereal sebagai sumber energi, serta protein dan yogurt sehingga Anda merasa kenyang lebih lama,” kata dr. Fias lagi.

Porsi rekomendasi: sekitar 450 gram yogurt

Kalori: 100-200 tergantung pilihan jenis yogurt, pilih yang bebas lemak atau rendah lemak.

3. Berondong jagung

Banyak orang meragukan manfaatnya, tapi pilihan ini lebih baik daripada roti biasa. “Berondong jagung sangat baik sebagai kudapan karena jumlah dan kandungan seratnya bisa membuat Anda merasa kenyang. Enaknya lagi, lebih sehat ketimbang mengudap roti,” ucap dr. Fias.

Buat sendiri berondong jagung dengan menggunakan microwave agar Anda bisa mengontrolnya dan tetap rendah kalori.

Porsi rekomendasi: 1 kantung, sebisa mungkin hindari garam dan margarine untuk membuatnya tetap rendah kalori.

Kalori: 100.

4. Roti lapis daging ayam

Setengah potong roti lapis (pilih roti gandum) isi daging ayam dan sedikit mustard akan memberi energi melalui kandungan karbohidratnya. Bonusnya, ada kandungan protein cukup besar dari daging ayam.

Porsi rekomendasi: Setengah potong roti gandum dan 28 gram dada ayam tanpa lemak.

Kalori: sekitar 200.

5. Aneka sayuran

Saatnya menguji kreativitas Anda di dapur dan buatlah salad super sehat. Kumpulkan timun jepang, paprika, jamur, kacang polong dan asparagus sebagai bahan dasar menu penahan lapar.

Salad dengan bahan-bahan sayuran tersebut akan memenuhi kebutuhan Anda akan karbohidrat, serat dan vitamin. Tambahkan dengan hummus (saus khas Timur Tengah yang terbuat dari kacang arab, minyak wijen dan sedikit perasaan lemon yang dihaluskan).

Porsi rekomendasi: Aneka sayuran dan 1/4 cangkir hummus.

Kalori: sekitar 100.

6. Kacang almond dan kenari

Ini adalah jenis kacang yang tidak pernah lupa kami anjurkan kepada Anda. “Kacang merupakan kombinasi asam lemak Omega-3, protein dan serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan,” ujar dr. Fias.

Almond yang rendah kalori memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada jenis kacang lain, plus kaya akan serat dan vitamin E. Sementara itu, kandungan asam lemak Omega 3 pada kenari lebih tinggi lagi, belum lagi tambahan manfaat dari kandungan alpha linoleic acid (ALA) yang baik bagi jantung. ALA juga efektif mengurangi peradangan dan oksidasi pada pembuluh darah setelah mengonsumsi makanan berlemak.

Porsi rekomendasi: 28 gram kacang almond atau 8 butir kenari.

Kalori: 160-170

7. Edamame

Menurut dr. Fias, kandungan protein edamame mencapai 36 persen lebih tinggi dibanding kedelai biasa. Camilan ini juga mengandung minyak yang rendah namun tinggi protein sehingga membuatnya sangat ideal untuk pilihan makanan rendah-lemak-tinggi-protein. “Setengah cangkir edamame mengandung 4 gram serat,” kata dr. Fias.

Porsi rekomendasi: 1-2 kantung ukuran 5 gram.

Kalori: 140

Source: Fitness For Men

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Koleksi kapsul Guess dan A$AP Rocky
New couple alert: Brooklyn Beckham dan Madison Beer
Thor siap merebut kembali Asgard dengan tim barunya

Facebook Comment