Fakta-fakta unik mengapa lagu “Despacito” sangat populer

3769
Despacito

Bulan Januari lalu, penyanyi Luis Fonsi dan rapper Daddy Yankee mengunggah sebuah musik video berjudul “Despacito” ke laman YouTube. Tanpa disangka-sangka, lagu tersebut digemari oleh sebagian besar orang di dunia, bahkan hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 2,4 miliar kali. Kolaborasi antara penyanyi asli dengan pelantun “Sorry”, Justin Bieber pun membuat lagu “Despacito” kian dikenal luas oleh banyak orang.

Sebagai lagu berbahasa Spanyol yang berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard Top 100 selama beberapa minggu, lagu yang dalam terjemahan bebas berarti ‘santai saja‘ ini pun menyimpan banyak fakta unik di balik kepopulerannya. Lantas, apa saja fakta-fakta menarik yang berada di balik lagu ini?

1. Berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Puerto Rico

Setelah dirilis pada bulan Januari, “Despacito” berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Puerto Rico sebanyak 45%, sebagaimana yang dikutip dari laman Billboard. Hal ini dikarenakan ada selarik bait di Despacito, yakni “this is how we do it down in Puerto Rico” (ini lah cara kami melakukannya di Puerto Rico), yang secara tidak langsung telah menarik minat orang-orang untuk berkunjung. Selain itu, lokasi syuting dalam video Despacito yang eksotis juga membuat orang penasaran untuk berkunjung ke sana.

2. Lagu berbahasa Spanyol kedua yang berhasil mencapai puncak Billboard

Walaupun lagu-lagu dengan unsur Spanyol di dunia musik bukanlah hal baru, namun “Despacito” adalah lagu berbahasa Spanyol pertama yang dapat menduduki puncak Billboard kembali setelah berselang 20 tahun lamanya. Sebelumnya, lagu berbahasa Spanyol paling pertama yang dapat menduduki puncak tangga lagu bergengsi tersebut adalah “Macarena” yang dinyanyikan oleh duo Los Del Rio pada 1996 silam.

3. Berhasil menduduki puncak Billboard Top 100 selama 3 minggu berturut-turut

Billboard, sebuah media asal Amerika Serikat yang dikenal dengan tangga lagunya ini telah menempatkan “Despacito” di puncak tangga selama 3 minggu berturut-turut. Hal ini menandakan penikmat musik dunia menggemari lagu tersebut.

4. Dilihat sebanyak hampir 2.5 milyar kali di YouTube

Jumlah penonton video resmi “Despacito” yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi telah dilihat sebanyak hampir 2.5 milyar kali di laman YouTube. Jumlah penonton yang fantastis ini telah menjadikan “Despacito” masuk ke dalam 10 besar video dengan penonton terbanyak di YouTube. Padahal, Despacito merupakan satu-satunya video yang dirilis pada tahun 2017 di dalam kategori tersebut

5. Justin Bieber memohon berduet di versi remix “Despacito”

Seperti yang dilansir dari laman Rolling Stone, lagu “Despacito” versi remix dibuat karena Justin Bieber mendengarnya di sebuah klub saat ia sedang mengadakan tur di Amerika Selatan. Tidak lama setelah mendengar “Despacito”, Justin pun langsung menghubungi tim Fonsi dan mengatakan bahwa ia ingin menjadi bagian dari lagu tersebut.

6. Popularitas lagu “Despacito” di tengah kondisi politik Amerika Serikat

Kepopuleran lagu “Despacito” di AS juga dijadikan sebagai pengingat tentang adanya keberagaman ras di negeri Paman Sam. Seperti yang dikatakan oleh Luis dalam artikel Rolling Stone, “saat Anda kira dunia sedang terpecah-belah, musik justru dapat menyatukan kita semua.”

7. Luis hanya membutuhkan satu hari untuk menyelesaikan lagu “Despacito”

Dalam halaman E! Online, Luis mengatakan bahwa ia terbangun di suatu pagi dengan melodi dan lirik “Despacito” di kepalanya. Ia pun menghubungi Erika Ender, seorang penulis lagu dari Panama, dan mereka pun mengerjakan lagu tersebut di hari itu. Dan akhirnya, pada siang itu, mereka berhasil menyelesaikan sebanyak 80% dari lagu “Despacito”.

TEKS: HAVIERA RAHMA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
15 film legendaris yang HARUS Anda tonton
Usai drama bersama Rob, Blac Chyna pamer “unicorn hair”
“Cukup Tau” bawa Rizky Febian jadi jawara baru chart 10Kita!

Facebook Comment