HIIT, olahraga sederhana dengan hasil memuaskan

354
HIIT

Ketika banyak orang menemukan kegemarannya kembali dengan slow exercise karena alasan waktu yang tak memadai, kemudian menukar rutinitas lari dengan jalan biasa, tak diragukan lagi bahwa HIIT (High Intensity Interval Training) adalah olahraga yang tepat. Hal itu disebabkan tidak memakan waktu lama, namun justru menjanjikan hasil yang memuaskan.

Seorang Speedflex trainer, Shane Murphy akan mengingatkan Anda kembali mengenai manfaat power training dan motivasi yang akan membuat Anda tak sabar untuk menerapkan HIIT sebagai olahraga utama Anda.

Berikut adalah saran dan informasi yang patut Anda mengerti sebelum menjalankan HIIT:

1. Meningkatkan kebugaran Anda

Selain membantu meningkatkan tingkat kebugaran Anda, HIIT juga akan berpengaruh kepada beberapa perubahan fisiologis dalam tubuh yang dapat meningkatkan kecepatan dan stamina Anda. Salah satu perubahan yang dapat Anda rasakan adalah tubuh yang tak mudah merasa lelah. Rutinitas ini membantu tubuh untuk membakar asam laktat secara lebih efisien, dan memungkinkan Anda berolahraga lebih lama dari biasanya.

2. Tak memakan banyak waktu

Bagi yang mempunyai gaya hidup yang serba sibuk dan tak sempat menyisihkan waktu untuk berolahraga, HIIT adalah pilihan exercise ideal untuk Anda. Olah raga ini merupakan pengganti latihan anaerobik intensif dan celah istirahat yang singkat guna meningkatkan detak jantung Anda ke intensitas yang tinggi. Saran dari Shane adalah agar tidak memberikan waktu istirahat lebih dari yang dianjurkan untuk memulai siklus yang berikutnya.

Anda akan mendapatkan manfaat yang sama ketika berlari di atas mesin treadmill selama satu jam dengan satu sesi olahraga HIIT ini yang hanya memakan waktu 15 – 20 menit saja.

Speedflex sendiri adalah olah raga yang menawarkan intensitas tinggi yang berdampak rendah, latihan terhadap seluruh tubuh yang akan membangun otot dengan cara mengkikis lemak, lemak blitz, dan juga meningkatkan tingkat kebugaran Anda.

3. Olahraga ini dapat ditargetkan untuk area tertentu maupun seluruh tubuh

Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan apabila melakukan rutinitas ini dengan rajin. Gaya olahraga berintensitas tinggi ini bermanfaat untuk seluruh tubuh maupun area spesifik yang Anda inginkan untuk membakar lemak.

Untuk hasil yang optimal, Anda dapat menggabungkan pelatihan HIIT ini ke hampir seluruh exercise, baik itu bergolongan resistance atau cardiosekalipun.

4. Meningkatkan metabolisme dan jumlah kalori yang akan Anda bakar

HIIT adalah olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan, dikarenakan pengaruh dari Human Growth Hormones (HGH) yang berlangsung seusai Anda berolah raga hingga 24 jam setelahnya. Reaksi ini juga mempercepat metabolisme dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

5. Dapat dilakukan di mana saja

Tak perlu repot daftar menjadi member gym, olahraga yang dapat dilakukan di rumah maupun kantor ini cukup menggunakan bobot tubuh Anda saja. Salah satu yang dapat Anda jalani dari HIIT ini adalah gerakan seperti mountain climberssquats, dan juga gerakan plyometric. Rangkaian kombinasi tersebut adalah cara terbaik untuk memicu detak jantung dan memastikan Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Membantu menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan kesehatan jantung

Dirancang sesuai namanya, HIIT adalah olahraga yang membuat Anda bekerja lebih keras lagi sehingga berada di zona anaerobik. Hal tersebut membuat jantung Anda bekerja lebih keras dan sekaligus memperkuatnya. Selain itu, gabungan gerakan olahraga ini juga membantu mencegah diabetes dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh hingga 48 jam setelah latihan, sehingga memudahkan pengendalian kadar glukosa darah dalam tubuh Anda.

7. Menunda penuaan atau anti-aging

Satu lagi manfaat dari HIIT yang banyak digemari orang yaitu memperlambat proses penuaan. Serius. Karena pengaruh dari HGH selain mempercepat metabolisme, juga mencegah datangnya penyakit.

(Artikel ini disadur dari Harper’s Bazaar UK. Alih bahasa: Sabrina Sulaiman. Foto: courtesy of Victoria’s Secret)

Source: Harper’s Bazaar

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
15 film legendaris yang HARUS Anda tonton
Usai drama bersama Rob, Blac Chyna pamer “unicorn hair”
“Cukup Tau” bawa Rizky Febian jadi jawara baru chart 10Kita!

Facebook Comment