Berbagai tindakan Cristiano Ronaldo yang kontroversial

500
Cristiano Ronaldo

Selain menjadi bintang utama pada leg 1 Piala Super Spanyol 2017 di Estadio Camp Nou pada Minggu (13/8) atau Senin dini hari (14/8) kemarin, Cristiano Ronaldo juga terpaksa menelan pil pahit berupa larangan merumput di lima pertandingan pasca insiden kartu merah yang menimpanya.

Hukuman kartu merah tersebut berkaitan dengan selebrasi Ronaldo setelah mencetak gol pada menit ke-80. Ronaldo merayakan gol kedua bagi Real Madrid dengan cara melepas kaus, lalu mengangkatnya menggunakan dua tangan. Kostum tersebut dibentangkan ke arah penonton dengan nomor punggung tujuh mengarah ke tribun.

Netizen pun berkomentar bahwa Ronaldo sengaja meyindir apa yang pernah diperlihatkan Lionel Messi kala melakukan selebrasi serupa saat menjadi penentu kemenangan Barcelona atas Real Madrid pada laga El Clasico musim lalu. Sayangnya, CR7 tidak beruntung, dua menit setelah melalukan selebrasi tersebut, ia harus keluar lapangan. Ronaldo mendapat kartu merah dari wasit setelah dianggap melakukan diving.

Selain menjadi bintang lapangan hijau, Ronaldo juga kerap menuai kontroversi yang membuat penggila bola di seluruh dunia geleng-geleng kepala dibuatnya. Selain insiden kartu merah serta selebrasi sindiran untuk Messi seperti yang disebut di atas, masih banyak kontroversi-kontroversi lainnya yang masih cukup diingat publik.

Berikut adalah beberapa kontroversi Ronaldo yang paling menyita perhatian khalayak luas.

1. ‘Saya yang terbaik di tim’

Pada pekan ke 26 Liga Spanyol musim lalu, Real Madrid kalah 0-1 dari pesaing satu kota, Atletico Madrid. Hasil terkait membuat klub asuhan Zinedine Zidane tersebut semakin sulit mengejar Barcelona di puncak klasemen dengan 69 poin kala itu.

Sangat disayangkan Ronaldo menuding rekan-rekan setimnya tidak mampu bermain baik seperti dirinya. “Jika semua orang bagus seperti saya, mungkin kita akan menjadi yang pertama. Saya tidak ingin meremehkan siapa pun, tapi ketika mereka tidak yang terbaikm sulit untuk menang,” kata Ronaldo saat itu.

2. Menantang Barcelona kalahkan Madrid 8-0

Suatu ketika menjelang laga melawan Barcelona di Camp Nou pada 30 November 2010 silam, Barca berhasil menal telak 8-0 atas Almeria di pertandingan sebelumnya.

Sayangnya, kemenangan tersebut dianggah remeh oleh Ronaldo, dan dengan berani ia menantang Lionel Messi dan Barcelona untuk mencetak 8 gol saat melawan Madrid.

Meskipun tidak berhasil mencetak 8 gol ke gawang Madrid, namun, Barca berhasil menang 5-0 atas Los Blancos. CR7 pun sepertinya gigit jari kala itu.

3. Dugaan offside di balik rekor gol CR7

Ronaldo sukses mencetak 100 gol di Liga Champions. Namun, ada kontroversi gol offside di balik terciptanya pemuncak rekor Ronaldo tersebut.

Kontroversi gol offside ada pada proses gol kedua Ronaldo di babak perpanjangan waktu pada final Champions melawan Bayern Munich. Gol tersebut berbau offside lantaran dalam tayangan ulang, David Alaba telah berhasil naik dan meninggalkan Ronaldo sendirian sebagai pemain terakhir di depan kiper.

Gol ketiga Ronaldo juga berbau offside lantaran posisi Ronaldo condong lebih maju dari Marcelo saat bola dikirimkan. Sejumlah pemain Munich pun mengangkat tangan tanda protes namun gol tetap disahkan Madrid.

4. Merasa paling penting bagi Real Madrid

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Marca pada Mei 2012 silam, Ronaldo dengan jumawa mengatakan bahwa dirinya akan memberi nilai 9 kepada Real Madrid, dan nilai 10 untuk dirinya sendiri. Hal ini ia lontarkan ketika Real Madrid memastikan trofi La Liga pada musim 2011/2012 lalu.

5. ‘Saya adalah panutan’

Ronaldo pernah berujar sebagai berikut: “Jika kami semua (Real Madrid) bermain pada level saya, tentu kami akan ada di puncak (klasemen La Liga).
Hal tersebut dilontarkan oleh Ronaldo pada 27 Februari 2016 lalu saat menanggapi kekalahan timnya dalam derby Madrid, sehingga membuat Los Blancos tertinggal 12 poin dari Barcelona kala itu.
TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire
Facebook Comment