Lupakan dumolid, nih 10 tip agar tidur kian nyenyak

342

Anda pasti tahu manfaat tidur. Ya, tidur yang cukup dapat menjaga kemampuan fisik dan performa Anda. Selain itu, tidur juga bermanfaat dalam proses penyerapan Anda konsumsi dan menggunakanya sebagai “bahan bakar” membentuk sel-sel tubuh yang baru.

Jadi, meski Anda mengonsumsi makanan yang super sehat dan berolahraga secara rutin, tanpa diimbangi dengan waktu tidur yang cukup, semua itu bakal sia-sia. Kualitas kesehatan Anda akan turun drastis jika tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Selain tubuh jadi lemas, kurang tidur juga berdampak pada turunnya tingkat konsentrasinya. Penelitian menemukan fakta bahwa tingginya angka kecelakaan disebabkan karena pengemudi berada dalam kondisi kurang tidur. Sepertiga angka kecelakaan fatal di Amerika disebabkan karena kekurangan tidur.

Menurut dr. Andreas Prasadja, RPSGT dari Sleep Clinic RS Mitra Kemayoran, bila Anda mengalami gangguan tidur, Anda bisa mencoba beberapa beberapa solusi jangka pendek ini yang akan membantu bila gangguan yang Anda alami di level ringan.

#1. Biasakan untuk mempunyai jadwal tidur yang teratur

Kenali jam biologis Anda agar tidur lebih ideal, jangan dilawan, ikuti saja. Jika tidak sesuai dengan aktivitas sosial geser pelan-pelan. Misalnya, bila Anda terbiasa tidur jam 1 lalu mencoba tidur jam 10, geser 15 menit setelah beberapa hari.

#2. Jangan pernah memaksakan tidur

Santai saja. Semakin dipaksakan akan semakin susah tidur. Anda juga bisa mendengarkan musik berirama tenang agar bisa makin rileks.

#3. Hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur

Kira-kira 9 jam sebelum tidur itu adalah kesempatan terakhir Anda untuk segelas kopi. Hindari mengonsumsi kafein saat Anda akan beranjak tidur. Anda bisa menggantinya dengan 2 gelas air putih atau segelas coklat hangat agar lebih rileks.

#4. Hindari menggunakan gawai sebelum tidur

Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang untuk mengecek status di gawai. Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan itu. Hindari pula kebiasaan meletakkan gawai dalam keadaan aktif di dekat tempat tidur Anda karena radiasi gelombang elektromagnetnya akan membahayakan kesehatan.

#5. Matikan lampu saat tidur

Kebiasaan mematikan lampu saat Anda tidur akan membuat tidur Anda lebih berkualitas. Menurut Prof Ibrahim Haim, kepala Interdisciplinary Chronobiological Research di University of Haifa Israel, cahaya lampu – terutama yang berwarna putih – terbukti menurunkan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin atau hormon tidur berfungsi membuat tidur Anda lebih nyenyak.

#6. Hindari berolahraga intensitas tinggi sebelum tidur

Olahraga berintensitas tinggi akan meningkatkan adrenalin sehingga membuat Anda tetap awas dan susah tidur. Anda masih diperbolehkan untuk berolahraga ringan sebelum tidur, dengan tujuan tubuh lebih rileks.

#7. Hindari makan berat sebelum tidur

Tak hanya akan menumpuk menjadi lemak, makan berat sebelum tidur juga akan membuat tidur Anda tidak nyenyak. Selain akan menimbulkan rasa sesak, makanan berat membutuhkan energi besar untuk mencernanya. Hal itu tak bisa dilakukan saat Anda tidur.

#8. Atur posisi tidur yang paling nyaman

Tidurlah dengan posisi yang paling nyaman menurut Anda. Jika dirasa tidur terlentang membuat Anda mendengkur, tidurlah miring ke kanan atau ke kiri. Jika salah satu posisi membuat Anda terasa sesak, berbaliklah di posisi lainnya.

#9. Hindari menggunakan obat tidur

Obat tidur tidak direkomendasikan bila gangguan tidur Anda masih ringan. Itu justru akan membuat Anda tergantung dan akan mempersulit terapi pengobatan.

#10. Seks sebelum tidur

Menurut penelitian, setelah bercinta, tubuh akan menghasilkan hormon oksitoksin, hormon yang akan membuat perasaan senang, dan menekan hormon kortisol penyebab stres.

Source: Fitness For Men

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Dan Clay, sosok parodi dari Carrie Bradshaw
Eminem akan segera merilis album terbarunya
Ini daftar artis yang akan tampil dalam MTV VMA 2017!

Facebook Comment