Musik rock paling banyak didengar dokter saat operasi

180
Musik

Siapa yang menyangka bahwa operasi – tindakan berisiko fatal bagi pasien – yang membutuhkan ketenangan dan fokus, tapi para dokter justru menyetel musik rock untuk menemani mereka di meja operasi.

Ya, hal itu bisa Anda temukan dalam hasil survey terbaru dari Spotify dan Figure 1. Dalam survey tersebut, ditemukan bahwa musik rock jadi genre terpopuler yang didengarkan dokter saat melakoni tindakan operasi yakni 49%. Sedangkan genre lain, berada di bawahnya, terdiri dari pop 48 %, musik klasik 43 %, jazz 24 % dan R&B 21 %.

Adalah Dr. Alan I. Benvenisty, ahli bedah vaskular dan transplantasi di Mount Sinai Health System- New York, yang dikenal suka menyetel lagu-lagu rock ketika sedang mengoperasi pasien.

Nyawa orang ada di tangan saya dan mendengarkan rock membantu saya menjadi tenang. Sehingga perhatian penuh saya terfokus pada pasien,” katanya sebagaimana press release yang diterima redaksi Fitness for Men, Selasa, (8/7/2017).

Saya mendengarkan band dari masa muda saya, dan merasakan nostalgia yang membuat saya tenang dan fokus,” tambahnya.

Menurut survey yang dilakukan lewat aplikasi berbagi pengetahuan kesehatan, hampir semua (90%) dokter bedah dan residen bedah mendengarkan musik di ruang operasi, dengan mayoritas sebanyak 89% lebih memilih playlist ketimbang album. Hampir sepertiga (31%) dari dokter-dokter ini punya lebih dari lima playlist yang sering diputar.

Menurut dokter yang tergabung dalam survey tersebut, musik menenangkan mereka di ruang operasi, membantu memperbaiki mood dan fokus, dan menghilangkan ketegangan saat ada momen-momen sunyi. Salah satu ahli bedah mengatakan,

Musik menenangkan suasana dan memperbaiki perilaku staf di tim kami.” Lainnya menambahkan, “Kadang musik membuat ruangan jadi lebih santai dan terkoordinasi, dan dilain waktu juga bisa membangkitkan semangat.”

Pilihan musik di dalam ruang operasi tak hanya tergantung oleh tim medis: banyak ahli bedah yang menyampaikan bahwa mereka menerima request lagu. Jika pasien sadar, mereka bisa meminta lagu khusus untuk diputar.

Kata salah seorang dokter, “Kami melakukan operasi caesar di mana pasien sepenuhnya sadar. Jika mereka punya selera musik sendiri, kami mengikutinya. Kalau tidak, kami bersenang-senang dan memutar lagu dari acara TV lama, lagu lama, dan sebagainya.”

Rock juga terkenal di kalangan petugas medis profesional yang bertugas membius pasien selama operasi. Dokter bius, residen dokter bius, dan perawat obat bius mendengarkan musik rock selama mereka kerja (44%), sedangkan sisanya (59%) mendengarkan musik pop.

Tentu saja keselamatan adalah yang utama. Partisipan di dalam survey mengatakan bahwa mereka menurunkan volume musik ketika terjadi hal-hal kritis di dalam operasi dan ketika muncul komplikasi.

Di bawah ini adalah playlist berisi lagu-lagu rock yang sering muncul di playlist ahli bedah yang kami survey:

“Rock You Like a Hurricane” – Scorpions
“Sweet Child O’ Mine” – Guns N’ Roses
“Just What the Doctor Ordered” – Ted Nugent
“Break on Through” – The Doors
“Paint it, Black” – The Rolling Stones
“Whole Lotta Love” – Led Zeppelin
“We Will Rock You” – Queen
“Back in Black” – AC/DC
“Cocaine” – Eric Clapton
“The Wind Cries Mary” – Jimi Hendrix
“Should I Stay or Should I Go” – The Clash
“Like a Rolling Stone” – Bob Dylan
“Rebel Rebel” – David Bowie
“Beautiful Day” – U2
“Why Can’t This Be Love” – Van Halen
“Iron Man” – Black Sabbath
“Who Are You” – The Who
“Barracuda” – Heart
“Rock and Roll All Night” – Kiss
“Tom Sawyer” – Rush
“Edge of Seventeen” – Stevie Nicks
“All Right Now” – Free
“Sympathy for the Devil” – The Rolling Stones
“Stairway to Heaven” – Led Zeppelin
“Ace of Spades” – Motörhead
“Nothing Else Matters”- Metallica
“Piece of My Heart” – Janis Joplin
“Under the Bridge” – Red Hot Chili Peppers
“American Woman” – Lenny Kravitz
“Take it on the Run” – REO Speedwagon
“Animal” – Def Leppard

Source: Fitness for Men

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Annabelle siap menghantui kalian!
Ini dia trailer film terbaru Jennifer Lawrence
5 artis wanita Hollywood yang sukses berbisnis

Facebook Comment