Sebelum berlari, pahami 3 hal dasar ini dulu

450

Memutuskan untuk berolahraga lari bakal membuat Anda kecanduan – apalagi teman berlatih Anda sangat suportif, sekaligus kompetitif. Anda akan meluangkan lebih banyak waktu untuk melibas berbagai medan dengan langkah kaki cepat.

Ada tiga faktor utama yang Anda butuhkan saat berlari, yaitu ketahanan, kecepatan, dan kedisiplinan. Berikut ini beberapa kiat untuk melatih ketiga faktor tersebut.

Faktor ketahanan

Cara melatihnya: Berlarilah sekitar 1 km dengan kecepatan maksimal selama 30 menit, kemudian istirahat selama satu menit. Ulangi dua kali untuk melengkapi satu set kemudian istirahat selama tiga menit (maksimal). Usahakan Anda bisa menyelesaikan tiga set.

Ketika berlatih untuk menghadapi lomba lari jarak sedang, seperti 5K, tujuan latihan Anda adalah membangun kemampuan untuk mempertahankan kecepatan berlari dalam waktu lama, dari garis start sampai finish.

Jika berhasil melakukan latihan ini, artinya Anda telah berlari sejauh 9 km dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kecepatan Anda berlari dalam lomba 5 K. Waktu istirahat yang singkat untuk pemulihan akan membantu Anda meningkatkan volume sesi berlari secara keseluruhan, yang artinya membantu Anda membangun ketahanan dalam berlari.

Faktor kecepatan

Cara melatihnya: Berlari 1km dengan kecepatan lebih tinggi dari yang Anda akan lakukan ketika berlari dalam lomba yang sesungguhnya, kemudian istirahat selama tiga menit. Ulangi lima kali untuk menyelesaikan sesi ini.

Sesi latihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk berlari dengan kecepatan tinggi. Untuk mendapatkannya, Anda perlu meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan oksigen – hal yang bisa dikembangkan dengan meningkatkan intensitas sesi latihan Anda.

Latihan ini membuat Anda bisa menyelesaikan lomba dengan kecepatan lebih tinggi daripada ketika Anda melakukannya dengan berlari terus tanpa henti. Hasilnya tubuh Anda secara bertahap akan lebih efisien dalam menggunakan oksigen dan Anda akan dapat berlari lebih nyaman meskipun dalam kecepatan tinggi.

Faktor disiplin

Cara melatihnya: Berlari 1km dengan target langkah lari Anda ketika berlomba, kemudian istirahat selama dua menit. Kemudian berlari sedikit lebih cepat dari langkah lari ketika berlomba, lalu istirahat selama dua menit. Selanjutnya berlari 1km dengan langkah sedikit lebih lambat, kemudian istirahat dua menit. Selesaikan pola tadi satu kali lagi.

Disiplin di sini maksudnya kemampuan untuk tetap berlari dengan kecepatan yang akan Anda gunakan saat lomba. Jika pada hari perlombaan Anda berlari dengan kecepatan yang tidak realistis atau terlalu berhati-hati, maka usaha Anda sia-sia.

Alasan Anda perlu melatih langkah lari lebih cepat dan lebih lambat adalah agar tubuh Anda terbiasa dengan apa yang disebut exertion (pengerahan tenaga), jadi Anda bisa memutuskan secara akurat, seberapa cepat Anda harus berlari.

Source: Fitness For Men

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Kembalinya Celine Dion di dunia fashion
Jakarta menjadi tuan rumah pameran Studio Ghibli
Bruno Mars & Zendaya saling flirting di video klip “Versace On The Floor”

Facebook Comment