Tips menabung yang buat dompet tetap tebal

718
Menabung

Kita mengerti kalau isi dompet Anda sering “berantakan” tiap bulannya dengan berbagai keinginan untuk berbelanja. Ingin tips menabung anti-gagal? Baca dulu trik jitu ini.

Coba gaya hidup baru
Menghemat bukan berarti Anda harus pelit, lho. Cobalah untuk mengatur pengeluaran Anda agar lebih cermat.

Semisal, dibandingkan Anda mengeluarkan uang untuk keanggotaan gym per bulan – yang ternyata hanya Anda gunakan dua kali dalam satu minggu, lebih baik Anda bergabung dengan sebuah komunitas olahraga yang tidak memerlukan biaya.

Atau jika Anda memang senang berpesta bersama the girls, cobalah untuk mengatur jadwal di saat happy hour atau ladies nightPlay it smart, girl!

“Kucilkan” uang Anda
Kita punya cara unik dalam menabung yang patut Anda coba. Anda bisa mulai memisahkan uang pada nominal pecahan tertentu, misalnya uang Rp5.000,-.

Di akhir hari, sepulang dari kantor, jika Anda menemukan pecahan uang tersebut di dompet atau di dalam tas, segera masukkan dalam celengan.

Lakukan hal ini hingga celengan Anda terasa penuh, atau targetkan rentang waktunya seperti enam bulan atau satu tahun. Tanpa Anda sadari, nominal uang yang sudah Anda kumpulkan pasti cukup banyak.

Pilih tabungan “otomatis”
Merasa tips di atas sulit dilakukan? Tenang saja, kita selalu punya rencana cadangan untuk Anda.

Pilih tabungan otomatis atau tabungan rencana dengan sistem auto debit yang langsung memotong uang dari rekening Anda setiap bulannya. Atur dengan baik sehingga jadwal pemotongannya sesuai dengan kebutuhan dan tidak merepotkan Anda, semisal di minggu pertama payday.

Dengan begitu Anda tak memiliki alasan “Nanti saja, deh” setiap kali ingin menabung.

Pilih belanja online
Sering merasa tertarik dengan promo “Chocolate Buy 1 Get 1 Free” di toko swalayan? Menurut Steve dan Annette Economides, pengarang buku Cut Your Grocery Bill In Half, berbelanja di toko swalayan memang membuat Anda lebih impulsif dalam berbelanja dengan adanya berbagai promo yang “berkeliaran”.

Selain itu, berkeliling lorong sambil membawa troli saat belanja di pasar swalayan juga akan membuat tagihan belanja Anda meningkat sebanyak 60%.

Triknya, tuliskan daftar belanja Anda, dan pesan lewat belanja online. Selain lebih murah, cara ini juga lebih praktis! (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Shutterstock)

Source: Cosmopolitan

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
5 film action terbaik Arnold Schwarzenegger!
Apa benar Princess Diaries 3 sedang diproduksi?
Baca nominasi Video Music Awards 2017 di sini!

Facebook Comment