Intip betapa kerennya pesawat terbang tercepat di dunia!

2560
Supersonic Boom

Sebuah pesawat supersonic yang dinamakan Boom, dapat terbang 2,6 kali lebih cepat dibandingkan pesawat pendahulunya, Concorde. Walaupun pesawat Boom ini masih dalam pengembangan para penerbang ahli.

Dengan kecepatan 2.336 kilometer per jam, pesawat Boom dapat terbang dari London ke New York hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam 30 menit. Wow!

Pesawat Boom memiliki kapasitas 40 kursi penumpang di dalam kabin pesawat, yang terbagi menjadi 2 baris di setiap sisi gang.

Ingin menikmati kenyamanan naik pesawat ini? Kamu harus mengeluarkan biaya sebesar 5.000 dollar AS atau sekitar 66,1 juta Rupiah untuk sekali terbang. Biaya ini hampir sama dengan harga tiket rata-rata penerbangan kelas bisnis.

Supersonic Boom
Interior pesawat Boom
Supersonic Boom
Cabin seat pesawat Boom

Penggagas Boom, Blake Scholl, mengungkapkan,

Kami sedang mewujudkan pesawat jet supersonic pertama yang aman, ramah lingkungan, dan ekonomis. Percayalah, ini bukan kisah fiksi ilmiah!

Ia pun menambahkan, bahwa pesawat Boom didesain dengan menggunakan bahan bakar konvensional saat ini. Body pesawat yang didesain menggunakan serat karbon komposit yang ringan, sistem tenaga penggerak khusus, dan material bingkai udara, membuat pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan tinggi.

Walaupun statusnya masih prototipe, tim ahli telah mengumumkan bahwa mereka akan segera melakukan uji coba menerbangkan pesawat Boom pada akhir 2017 di Colorado, Amerika Serikat (AS). Tidak hanya melakukan uji coba penerbangan, pesawat ini juga akan diujikan suara supersonic-nya di Pangkalan Angkatan Udara AS di California.

Supersonic Boom
Prototipe pesawat Boom di bandara Heathrow Airport, London

Blake pun yakin pesawat Bloom akan meraih kesuksesan di industri penerbangan. Hal ini disebabkan beberapa keuggulan yang dimiliki pesawat Boom dibandingkan pendahulunya, Concorde, mulai dari kecepatan, harga yang lebih murah, dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Eksistensi Concorde sendiri sudah berakhir pada 2003 silam karena mengalami kerugian. Mulai dari harga tiket yang terlalu mahal, yaitu 20.000 dollar AS (sekitar 264 juta Rupiah) untuk sekali terbang, serta polusi udara dan suara yang cukup berbahaya untuk lingkungan.

Beberapa maskapai penerbangan pun sudah mulai melakukan kerja sama dengan pesawat Boom, salah satunya adalah Virgin Atlantic milik miliarder Sir Richard Branson.

Berminat naik pesawat tercepat di dunia? Masih ada waktu nih sampai resmi dirilis, kita nabung dulu yuk, Hard Rockers!

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Esquire Indonesia | foto dailymail.co.uk]

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Sneak peek sebelum nonton film IT!
Alan Walker, jawara baru chart Top41!
Tidak hanya wanita, pria juga bisa boros, lho!

Facebook Comment