Tidak hanya wanita, pria juga bisa boros, lho!

369
Boros

Wow! Ternyata nggak cuma wanita, pria juga bsia boros lho! Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Universitas Minnesota, Amerika Serikat (AS), menunjukkan bahwa pria cenderung bersikap boros ketika jarang terdapat populasi wanita di sekitarnya.

Studi yang dilakukan pada 120 orang pria ini dibagi dalam dua eksperimen. Eskperimen pertama, para responden diberikan beberapa artikel koran yang menjelaskan tentang kondisi populasi lokal, yaitu mengenai lebih banyak wanita atau pria. Setelah itu, para responden ditanyai mengenai pola pengeluaran dan tabungan mereka berdasarkan artikel yang dibacanya.

Pada pria yang membaca artikel dengan penjelasan bahwa wanita lebih sedikit populasinya dibanding pria, mengaku dapat menabung sebanyak 42% lebih rendah setiap bulannya dan melakukan pinjaman sekitar 84% lebih banyak setiap bulannya.

Pada eksperimen lain yang terpisah, para responden disuguhi dengan beberapa gambar yang menunjukkan beberapa rasio jumlah pria dan wanita yang berbeda di dalamnya.

Lalu mereka diminta untuk memilih antara menghabiskan 20 dollar AS (sekitar Rp 278 ribu) atau 30 dollar AS (sekitar Rp 418 ribu) setiap bulannya. Kemudian, para responden mengaku akan mengeluarkan lebih banyak uang ketika berhadapan dengan foto yang menunjukkan rendahnya jumlah wanita yang terdapat di dalamnya.

Hipotesis yang diambil dari studi tersebut adalah keputusan pria dalam pola keuangannya tidak ditentukan dalam keadaan sadar.

Pria sebenarnya tidak peka terhadap jarangnya populasi wanita, namun, terpacu ketika jumlah populasi pria lebih banyak dibandingkan wanita.

Ketika jumlah pria sangat besar, maka, pria akan merasa memiliki saingan dalam banyak hal. Hal tersebut-lah yang membuat pria menjadi lebih impulsif, kompetitif, dan cenderung mengeluarkan uang lebih banyak untuk tampil terdepan.

Ternyata, di kehidupan nyata, hipotesis tersebut terbukti benar, lho! Setelah melakukan penelitian pada para responden, peneliti juga menemukan fakta bahwa pria muda dan lajang di kebanyakan kota besar AS, di mana terdapat lebih banyak pria dibanding wanita, memiliki kartu kredit lebih banyak dan batas utang yang tinggi.

Sebaliknya, pola pengeluaran wanita tidak terpengaruh perbedaan rasio. Wanita juga tidak melihat bahwa pola pengeluaran pria bergantung pada rasio jenis kelamin.

Tapi, walaupun begitu, wanita sangat menganjurkan pria lajang untuk lebih banyak mengeluarkan uang saat berkencan dan di momen-momen tertentu dengan lawan jenisnya.

Tuh ‘kan, ternyata benar, pria lebih boros dari wanita. Hard Rockers setuju nggak?

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Esquire Indonesia | foto post.jagran.com]

Pusing mikirin playlist? Mending dengerin 87.6 Hard Rock FM di sini! Atau bisa dowload aplikasinya di iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Intip kerennya efek visual Game of Thrones!
Pindah ke Portugal, Madonna kerjakan proyek baru!
8 fakta tentang kambing & sapi yang belum pernah kamu dengar!

Facebook Comment