Ini bukti anjing mengerti bahasa manusia!

306
Anjing

Hard Rockers yang pelihara anjing di rumah, percaya nggak sih kalau anjing kamu ternyata ngerti apa yang kamu bicarakan! Coba deh, kamu panggil, pasti anjing kamu menghampiri ‘kan? Masa iyaa sih, anjing ngerti bahasa manusia?

Ternyata, sebuah penelitian membuktikan bahwa anjing nggak hanya mengerti bahasa manusia, tapi juga intonasi kamu saat memanggil mereka.

Penelitian di Eötvös Loránd University, Budapest, Hungaria, mencoba untuk membaringkan anjing di atas FMRI Scanner ketika peneliti mengamati aktivitas otak mereka. Ketika berada dalam scanner, anjing mendengarkan beberapa kombinasi intonasi dengan beberapa kata-kata yang sering diucapkan pelatihnya, seperti bentuk pujian yang diucapkan dengan intonasi datar dan pujian dengan intonasi seperti memuji.

Kombinasi lain yang juga dicoba seperti kata-kata netral yang diucapkan dengan intonasi datar dan juga kata-kata netral yang diucapkan dengan intonasi seperti memuji. Saat itu, scanner memberikan informasi bagaimana otak anjing memproses informasi yang mereka dengar.

Dalam studi yang akan dilampirkan dalam jurnal sains tersebut menemukan bahwa anjing mengolah informasi yang mereka dengar melalui kombinasi kata-kata dan intonasinya. Proses mengolah informasi tersebut sama seperti dalam otak manusia.

Belahan kiri dalam otak untuk mengolah informasi dari kata-kata yang didengarkan dan bagian kanan dalam otak untuk mengolah intonasi yang didengarkan. Scanner pun mendeteksi bahwa kombinasi antara pujian yang diucapkan dengan intonasi memuji akan membuat aktifitas otak mereka lebih signifikan.

Attila Andics, peneliti dari Family Dog Project mengungkapkan bahwa hal ini menunjukkan bahwa anjing nggak hanya mendengarkan dari kata-kata yang kita ucapkan, namun juga intonasinya. Mereka juga dapat mengerti kalau ada kombinasi kata serta intonasi yang kurang tepat.

Namun, New York Times mengungkapkan bahwa anjing mungkin tetap memberikan respons senang apabila kamu mengucapkan sesuatu dengan intonasi yang menyenangkan. Hal ini bisa aja terjadi karena mungkin mereka melihat dari bahasa tubuh serta ekspresi yang ada di wajah kamu saat mengucapkan kata-kata tersebut.

Coba aja kamu latih anjing kamu dengan mengucapkan kata-kata yang bukan bermakna pujian, namun dengan intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh seperti memuji. Maka, anjing kamu pasti akan menganggap bahwa kata-kata tersebut adalah pujian.

Gimana, masuk akal ‘kan? Kalau nggak, coba langsung deh!

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Esquire Indonesia | foto papijones.com]

Baca juga:
Sex and the City 3 batal diproduksi!
5 alasan kenapa kamu wajib nonton Pengabdi Setan!
Hugh Hefner dimakamkan di samping Marilyn Monroe

Facebook Comment