Kebiasaan ini bisa memperpanjang umur

721

Menurut penelitian, ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa memperpanjang umur, mulai dari minum kopi sampai menyikat gigi. Baca ya Hard Rockers!

Menyikat Gigi

Merawat kebersihan gigi ternyata berhubungan dengan umur panjang. Hal ini mungkin terjadi karena kebersihan gigi ternyata berhubungan langsung dengan kesehatan jantung.

Sanda Moldovan, DDS, ahli gigi asal Amerika Serikat mengatakan bahwa bakteri yang terdapat dalam gigi ternyata juga ditemukan dalam arteri yang membawa darah dari jantung.

Hal ini berarti bakteri yang terdapat dalam gigi bisa masuk dalam pembuluh darah.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh The Journal of The American Heart Association juga menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki penyakit gigi memiliki risiko 12% lebih besar terkena penyakit jantung.

Pastikan kamu menyikat gigi dua kali sehari dan gunakan dental floss serta mouthwash untuk membunuh bakteri di mulut. Psst, menurut para ahli, kebiasaan tersebut bisa menambah umur Anda dua hingga enam tahun, lho!

Bercinta

…atau dengan kata lain berhubungan seks – secara rutin. Shanna Levine, MD, seorang pengajar di Icahn School of Medicine menjelaskan bahwa orgasme yang kamu lakukan ketika berhubungan seks menghasilkan hormon oksitosin yang bisa membantu proses persalinan.

Menurut studi yang ia lakukan, risiko kematian saat persalinan bahkan dapat menurun hingga 50% jika kamu rutin mengalami orgasme. Bagi laki-laki, orgasme juga ternyata dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Tak hanya itu, studi lain juga menunjukkan bahwa pernikahan yang bahagia biasa didapat dari pasangan yang rutin berhubungan seks, dan mereka yang memiliki pernikahan yang bahagia cenderung memiliki umur yang lebih panjang.

Memelihara Anjing

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Uppsala University di Swedia terhadap 3.4 juta orang yang memelihara anjing menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memelihara bintang.

Tak hanya itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat menurunkan risiko kematian hingga 33% dan risiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 11%.

Hal ini terjadi karena memelihara anjing biasanya membuat kamu untuk lebih banyak bergerak, sehingga melatih tubuh menjadi lebih sehat. Bermain bersama peliharaan juga dapat menurunkan kadar stres dan menambah hormon oksitosin yang berguna bagi tubuh. Guk!

Cukup Tidur

Richard Shane, seorang psikoterapis asal Amerika Serikat, mengatakan bahwa waktu tidur ternyata berhubungan langsung dengan kesehatan dan umur kamu.

Seperti yang kamu tahu, waktu tidur yang direkomendasikan sebenarnya adalah antara tujuh hingga sembilan jam setiap harinya.

Penelitian yang ia lakukan terhadap para dewasa menunjukkan bahwa waktu tidur yang singkat, yakni enam jam atau kurang, ternyata meningkatkan risiko kematian hingga 12%. Sudah cukup tidur minggu ini, dear?

Menggunakan Tabir Surya

Whitney Bowe, MD, penulis The Beauty of Dirty Skin, mengatakan bahwa menggunakan krim pelindung matahari secara rutin bisa mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Perlu kamu ketahui, kanker kulit merupakan penyakit kanker yang paling banyak diderita di dunia. Penting untuk menggunakan krim tabir surya, yang selain berguna untuk kesehatan, juga menjaga kulit kamu tetap terlihat cantik.

Menghabiskan Waktu Bersama Orang Dekat

Menjaga hubungan pertemanan ternyata juga bisa memperpanjang usia hidup. Deborah Serani, seorang psikolog asal Amerika Serikat mengatakan, mereka yang memiliki hubungan dekat dengan teman dan keluarga ternyata memiliki “aura” positif yang bisa memperpanjang umur.

Penelitian yang dilakukan Deborah pada tahun 2010 terhadap 300 ribu partisipan yang berusia lanjut menunjukkan bahwa lebih dari 50% partisipan ternyata memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan keluarga dan teman-teman. Time to call the girls, dear!

Minum Kopi

Shout-out to all coffee lovers! Hobi minum kopi ternyata bisa memperpanjang usia hidup, lho. Dr. Shanna Levine, seorang dokter dan ahli penyakit dalam dari New York menjelaskan, mereka yang minum dua gelas kopi sehari ternyata memiliki risiko kematian 18 persen lebih sedikit dibanding mereka yang tidak rutin mengonsumsi kopi.

Tak hanya itu, minum kopi dua gelas sehari juga menambah umur hingga 9 menit per harinya. Psst, selain itu, kopi juga memiliki antioksidan yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Rajin Minum Air Putih

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois, mereka yang mengonsumsi banyak air secara rutin biasa mengonsumsi lebih sedikit kalori, serta cenderung menghindari minuman manis yang mengandung lemak dan gula.

Hal ini membuat berat badan kamu lebih terkontrol serta menghindarkan kamu dari berbagai penyakit seperti obesitas dan kencing manis. Tanpa penyakit seperti itu, umur kamu jelas jadi lebih panjang, kan? (Alvin Yoga / SW / Image: @123rf.com)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Facebook Comment