Nggak usah sedih kalau lagi jomblo, banyak manfaatnya kok!

604

Masih jomblo? Sering diejek teman dan keluarga karena status jomblo? Ah, nggak perlu didengarkan! Kaum jomblo memang sering dikasihani karena dianggap kesepian. Tapi tunggu dulu, tahukah kamu bahwa hidup jomblo juga punya banyak keuntungan tersendiri? Berikut manfaatnya.

 

Punya Lebih Banyak Waktu Untuk Diri Sendiri

Menjalin hubungan bisa menguras waktu – yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk self-time. Semisal, ketika punya pacar, kamu tak bisa lagi beristirahat di rumah sambil menonton serial Netflix di akhir pekan, karena si dia akan mengajak kamukencan di luar.

Saat pulang kantor, yang kamu pikirkan bukan lagi berbaring di atas ranjang sambil membaca novel kesayangan, tapi menelepon si dia untuk menanyakan kabarnya.

Dengan kata lain, kamu jadi sulit meluangkan waktu untuk diri sendiri karena terlalu sibuk memikirkan si dia. Berbeda dengan ketika kamu masih jomblo. Kamu bebas menghabiskan waktu untuk banyak hal, termasuk waktu untuk diri sendiri.

Bisa Melakukan Pekerjaan Sampingan

Hard Rockers, take advantage of this free time. Gunakan waktu dan tenaga kamu untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

Zaneilia Harris, CFP dan presiden dari Harris Wealth Management Group mengatakan bahwa ia bisa mendapatkan banyak uang ketika masih jomblo.

“Ketika saya masih jomblo, saya punya waktu untuk mengambil pekerjaan sampingan. Hidup single bisa membuat kamu punya banyak waktu untuk mengambil second job, atau mendapatkan uang dari melakukan hobi. Sulit melakukannya ketika kamu sudah punya pasangan,” ujarnya.

Belajar Mencintai Diri Sendiri

Jennifer Taitz, pengarang How To Be Single and Happy: Science-Based Strategies for Keeping Your Sanity While Looking for a Soul Mate, mengatakan bahwa hidup jomblo bisa membuat kamu belajar untuk lebih mencintai dan menghargai diri sendiri.

“Menyenangkan memang, ketika ada seseorang yang mencintai kamu, dan rela melakukan banyak hal untuk kamu. Tapi ingat, kamu tak perlu punya pasangan agar bisa merasakan hal tersebut. Kamu bisa melakukannya sendiri,” ujarnya.

Semisal, kamu baru saja mengalami hari yang melelahkan. manjakan diri Anda dengan membeli makan malam yang enak.

Minggu ini kamu banyak lembur? Habiskan akhir pekan nanti dengan memanjakan diri di salon.

Lebih Sehat Secara Fisik

Bella DePaulo, seorang psikolog dari University of California, Santa Barbara, mengatakan dalam salah satu forum TedTalks-nya, bahwa dalam survei yang ia buat terhadap lebih dari 13.000 orang berusia antara 18 dan 64, riset menemukan bahwa mereka yang masih jomblo lebih sering berolahraga daripada rekan mereka yang sudah berpasangan.

Riset tahun 2015 dalam jurnal Social Science and Medicine juga menemukan bahwa orang-orang yang jomblo memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang telah menikah. Yup, that killer body is all yours, ladies!

Punya Networking yang Lebih Luas

William Chopik, asisten profesor psikologi dari Michigan State University, dalam riset yang ia lakukan terhadap 280.000 orang, menemukan bahwa mereka yang jomblo biasanya memiliki lingkup pertemanan yang lebih luas.

Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan di Inggris pada tahun 2008 juga menyimpulkan hasil yang sama. Tak hanya hubungan pertemanan yang lebih luas, mereka yang jomblo juga biasanya lebih bahagia karena memiliki banyak teman.

Natalia Sarkisian dan Naomi Gerstel, ahli sosial asal Amerika Serikat, juga menemukan bahwa mereka yang masih jomblo lebih sering berinteraksi teman-teman mereka.

Tak hanya itu, kaum jomblo juga cenderung lebih banyak memberi dan menerima bantuan dari orang lain daripada mereka yang sudah berpasangan.

Lebih Sering Traveling

Yup, ini dia salah satu manfaat terbaik ketika kamu sedang jomblo. Kamu tak harus menunggu sampai si dia punya waktu untuk traveling.

Lagi, dengan banyaknya jumlah uang yang kamu sisihkan, kamu jadi punya lebih banyak kesempatan untuk jalan-jalan. Solo traveling? Tak masalah, justru ini saat yang tepat bagi kamu untuk mencari tahu lebih banyak soal diri sendiri. Time to be single and happy, dear!

(Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Outnow.ch)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Facebook Comment