6 Cara seru belajar bahasa asing di usia 20 – 30 tahun

373

Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini mungkin terasa tidak relevan untuk kamu yang sudah tidak sekolah lagi. Namun, tidak ada kata terlambat untuk menuntut ilmu, termasuk mempelajari bahasa baru sekalipun.

Jika ada yang bilang bahwa belajar bahasa asing ketika sudah memasuki usia dewasa, hal tersebut memang benar. Tetapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Jika kamu mempelajari bahasa asing dengan sungguh-sungguh, maka kamu juga tetap bisa sukses menguasai bahasa tersebut.

Setiap orang memiliki alasannya masing-masing untuk mempelajari bahasa asing. Alasan yang berasal dari hati sendiri bisa menjadi motivasi kuat untuk belajar. Misalnya karena ingin mengerti percakapan idola dari grup k-pop tanpa teks terjemahan, kuliah di luar negeri, hingga persiapan traveling.

Ada juga yang belajar karena dipindahkan tugas ke luar negeri atau terpaksa ikut keluarga ke negara lain. Alasan yang tidak berasal dari keinginan sendiri biasanya lebih sulit dijadikan sebagai motivasi belajar. Sehingga proses pembelajaran pun bisa menjadi lebih lama.

Untuk mengatasinya, ada banyak cara seru yang bisa dilakukan agar mempelajari bahasa asing tidak membosankan, di usia 20-an bahkan 30-an sekalipun. Jika kamu hendak belajar bahasa asing, simak cara serunya berikut ini!

Cara seru belajar bahasa asing di usia 20-an.

1. Menggunakan aplikasi di smartphone.

Pesatnya perkembangan smartphone membuat banyak hal yang sebelumnya sulit dilakukan menjadi lebih memungkinkan. Salah satunya adalah belajar bahasa asing dengan mudah di mana saja dan kapan saja, bahkan secara cuma-cuma.

Ada banyak aplikasi belajar bahasa asing yang bisa digunakan, seperti Memrise, dan Duolingo. Kamu bisa belajar bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jepang, Korea, dan berbagai bahasa asing lainnya di dalam aplikasi tersebut.

Jika membutuhkan pelatihan yang lebih intensif, aplikasi tersebut juga menawarkan paket belajar yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

2. Ikut kursus

Kata kursus mungkin identik dengan anak-anak sekolah. Namun, kursus tidak hanya untuk anak-anak saja. Berbagai sekolah bahasa juga menyediakan kelas untuk orang dewasa agar mereka juga bisa belajar bahasa asing.

Jika memiliki jadwal kerja yang sangat padat, maka kamu bisa memilih tempat kursus dengan program lebih fleksibel yang gurunya bisa didatangi kapan saja. Alternatif lainnya adalah dengan menyewa guru privat yang bisa datang ke rumah pada akhir pekan.

3. Traveling

Mengunjungi negara yang berbicara bahasa asing yang ingin dipelajari adalah salah satu cara paling ampuh untuk cepat menguasai bahasa tersebut. Kamu bisa mempraktekkan langsung dalam kegiatan belanja, mencari tempat, bahkan untuk mendekati pria sekalipun.

4. Baca buku

Coba untuk membaca buku dari bahasa asing yang sedang dipelajari seperti novel. Kamu bisa dengan cepat menambah kosa kata dan belajar berbagai ekspresi hingga slang yang sering digunakan di bahasa tersebut. Jika kamu merasa novel terlalu panjang, tak ada salahnya juga untuk membaca artikel berita yang ada di Internet.

5 . Menonton film

Jika baca buku cocok untuk melatih baca bahasa asing, maka menonton film adalah cara seru untuk melatih pendengaran kamu dalam menangkap bahasa asing yang sedang dipelajari. Pilih film dengan aliran yang kamu sukai agar tidak bosan dan tertidur ketika menontonnya.

6. Cari teman tukar bahasa

Selain aplikasi untuk belajar, ada juga aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari teman tukar bahasa, seperti Tandem dan HelloTalk. Di aplikasi tersebut, kamu bisa mencari teman yang berbicara bahasa asing yang ingin dipelajari, yang ingin belajar bahasa Indonesia. Sehingga kalian berdua bisa saling mengobrol dan mengajari satu sama lain jika ada salah penggunaan kata.

Source: Her World Indonesia

Facebook Comment