Identik saat ramadan, ternyata seperti ini nih khasiat buah kurma

333

Buah kurma sangat identik saat bulan Ramadan, malah menjadi makanan wajib saat berbuka. Dan, itu terjadi bukan tanpa alasan lho. Buah kurma memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh kamu.

Kurma adalah buah yang kaya akan nutrisi. Buah yang satu ini juga jadi sumber energi, gula, dan serat. Nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, dan zinc juga terkandung dalam buah ini. Tak hanya itu, kurma juga memiliki vitamin thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Nah, apa saja keuntungan dari nutrisi tersebut bagi tubuh? Ternyata ini khasiat buah kurma buat kesehatan tubuh kamu.

1. Melancarkan pencernaan

Kurma termasuk dalam buah yang dapat “mencuci” perut, alias melancarkan pencernaan kamu. Tak heran kalau buah ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering mengalami sembelit.

Kurma punya tingkat serat yang tinggi, sehingga mempermudah usus untuk mencerna makanan. Kamu mengalami sulit buang air besar selama puasa? Konsumsi saja buah yang satu ini saat berbuka dan sahur.

2. Memperkuat tulang

Kurma yang telah dikeringkan mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang mana jadi hal yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Mengingat wanita lebih mudah terkena penyakit tulang seperti osteoporosis, tak ada salahnya untuk rutin memasukkan buah kurma ke menu makanan kamu.

3. Mengontrol tekanan darah

Kurma kaya akan potasium, dan mineral lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah kamu. Belum lagi kurma juga mengandung serat yang tinggi. Serat sendiri dapat berfungsi untuk menstablikan level gula darah tubuh.

Ada pula magnesium yang bisa melemaskan otot di jantung dan pembuluh darah kamu, membuat tekanan darah pun lebih terkontrol.

4. Meningkatkan energi

Buah yang satu ini punya kandungan gula alami yang tinggi, misalnya saja, glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Hal ini membuat kurma dapat meningkatkan energi dengan cepat.

Ini pula yang membuat kurma jadi makanan yang identik saat bulan Ramadhan. Cukup dengan mengonsumsi beberapa buah kurma saja sudah dapat mengembalikan energi tubuh kamu.

5. Meningkatkan kemampuan otak

Yup, buah kurma bisa meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak kamu. Berkat kandungan potasium yang ada di dalamnya, kurma jadi buah yang ideal untuk mendorong kesehatan dan fungsi sistem saraf tubuh. Termasuk pula sistem saraf otak.

Kurma mungkin juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya plak pada otak, sehingga kamu tak rentan terkena penyakit Alzheimer. Meskipun untuk manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

6. Menjaga kesehatan kulit

Untuk menjaga agar kulit tetap terasa kenyal serta lembut, kamu butuh asupan vitamin C dan D. Kabar baiknya, kurma kaya akan kedua vitamin tersebut sehingga kalau mengonsumsi buah ini kamu akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Bisa dibilang, kurma bisa menjaga kesehatan kulit kamu serta memiliki khasiat anti-aging.

7. Mencegah kanker usus besar

Rutin mengonsumsi kurma dapat menurunkan risiko berkembangnya sel kanker pada usus besar kamu. Buah ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. So, usus kamu terjaga kesehatannya dan dapat terhindari dari penyakit mematikan kanker

8. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan kalau rajin makan kurma dapat menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung koroner. Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, kurma merangsang pengangkatan kolesterol dari sel-sel arteri. Mencegah arteri jadi keras dan tersumbat dengan plak.

(Image: Norasit Kaewsai©123RF.com)

Sumber Cosmopolitan Indonesia

Facebook Comment