Jangan ngaku fans Kroasia di Piala Dunia 2018 kalau belum tahu 7 fakta ini

694

Nama negara Kroasia akhir-akhir ini makin sering muncul di radar semenjak berlangsungnya Piala Dunia. Terlebih kini negara tersebut berhasil lolos ke babak final Piala Dunia, setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 pada pertandingan yang berlangsung pada 12 Juli dini hari tadi.

Tapi, kami paham kalau kamu sebenarnya tak tahu banyak tentang Kroasia. Sebenarnya di mana sih letak negara ini? Mengapa nama pemain bolanya sulit sekali diucapkan? Memangnya bahasa apa sih yang mereka gunakan?

Agar tak lagi “buta” soal negara ini saat menonton pertandingan final Piala Dunia bersama si dia, di sini kami memberikan tujuh fakta soal Kroasia.

Pst, salah satu faktanya adalah Kroasia punya panorama alam yang sangat indah dan ternyata penerbangan ke negara ini cukup mudah dijangkau. Makin penasaran dengan negara ini? Berikut adalah tujuh fakta Kroasia, negara yang berhasil lolos ke babak final Piala Dunia 2018.

1. Terletak di Benua Eropa

Yup, Kroasia adalah salah satu negara yang letaknya di benua Eropa. Kroasia “duduk” di bagian tengah dari benua tersebut. Tepatnya di sisi timur Laut Adriatik, sebelah timur Italia, dan menjadi salah satu negara yang berada di semenanjung Balkan.

Negara ini berbatasan langsung dengan Slovenia, Hungaria, Bosnia dan Herzegovina, serta Montenegro. Adapun, ibu kota yang juga jadi kota terbesar dari negara ini adalah Zagreb.

Kalau dari catatan sejarah, Kroasia dulunya adalah bagian dari Yugoslavia. Namun, pada tahun 1991 Kroasia memproklamasikan kemerdekannya. Yup, negara ini termasuk negara yang masih muda di benua Eropa. Kini, setiap tanggal 25 Juni, negara yang memiliki populasi penduduk tak lebih dari 4,2 juta ini merayakan hari kemerdekannya.

Sejak tahun 2013 lalu, Kroasia telah menjadi anggota dari Uni Eropa. Sehingga, kalau kamu mau berkunjung ke negara ini kamu cukup mendaftar visa Schengen, layaknya ketika kamu mau berlibur ke Perancis, Belanda, atau Italia.

Untuk mencapai negara ini, kamu bisa mengambil penerbangan ke Eropa untuk lalu melanjutkan perjalanan menggunakan kereta, bus, ataupun feri.

Beberapa maskapai, seperti Turkish Airlines, Qatar Airlines, Emirates, menyediakan flight ke negara ini dengan transit di Istanbul untuk Turkish Airlines, Doha untuk Qatar Airlines, dan Dubai untuk Emirates.

2.  Termasuk Negara Maju

Meskipun baru memasuki usia yang ke-27, Kroasia termasuk dalam negara maju lho. Berdasarkan Human Development Index dari PBB, negara yang punya mata uang bernama Kuna (kn) atau HRK ini menduduki peringkat ke-45. World Bank juga melihat Kroasia sebagai negara berpenghasilan tinggi. Gaji rata-rata di negara ini adalah kn5,895 atau setara dengan Rp13.400.000,- per bulan. Wow!

Oh ya, meskipun telah bergabung dalam negara Uni Eropa, Kroasia belum menggunakan mata uang Euro. Jadi, untuk melakukan transaksi jual beli Kroasia masih menggunakan mata uang miliknya sendiri.

3. Presidennya Perempuan, Lho!

Berbeda dengan Amerika Serikat yang lebih memilih laki-laki sebagai presiden mereka, Kroasia justru memilih seorang perempuan menjadi kepala negaranya. Adalah Kolinda Grabar-Kitarović yang kini menjabat sebagai Presiden Kroasia.

#nato #secretarygeneral #security #defence #cooperation

A post shared by Kolinda Grabar-Kitarović (@predsjednicarh) on

Wanita berusia 50 tahun ini menjadi presiden keempat di Kroasia setelah memenangkan pemilu di tahun 2015 lalu. Dia adalah presiden wanita pertama dan termuda yang pernah menduduki jabatan tersebut di Kroasia.

Pada tahun 2017 lalu, Kolina masuk dalam daftar World’s 100 Most Powerful Women dengan menduduki peringkat ke-39.

Selama Piala Dunia berlangsung, Kolinda tentu saja memberikan dukungan bagi para pemain Kroasia. Pada pertandingan Kroasia di perempat final melawan Rusia, Kolinda turut hadir dan menyaksikan pertandingan tersebut.

Ketika Kroasia berhasil memenangkan pertandingan, Kolinda tertangkap menunjukkan rasa gembiranya dengan menari. Momen ini sempat direkam dan videonya diunggah warganet ke media sosialnya. Well, bisa ditebak kalau video tersebut viral dan Kolinda pun sempat menjadi bahan pembicaran para warganet.

4. Bahasa Resminya Memiliki Nama yang Sama dengan Negaranya

Yup, nama dari bahasa resmi negara ini juga Kroasia. Kalau kamu merasa sulit menyebutkan nama pemain dari tim ini, kamu tak perlu berkecil hati. Karena, berbeda dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Kroasia, apa yang ditulis akan berbeda ketika diucapkan. Tak hanya itu, bahasa ini memiliki susunan alfabetnya sendiri. Bahasa Kroasia sendiri merupakan bahasa Slavik Selatan.

5. Punya Lanskap yang Indah

Luas Kroasia memang tak jauh berbeda dengan provinsi Daerah Istimewa Aceh di Indonesia, yaitu sekitar 50 ribu km2. Tapi, kekayaan alam yang dimiliki negara ini sangatlah beragam. Mulai dari pesona pantai yang eksotis hingga pegunungan yang asri bisa kamu temukan di Kroasia.

Primadona dari negara ini adalah daerah pesisirnya dengan pasir putih dan air laut yang punya warna perpaduan zambrud dan safir, Taman Nasional Krka National Park dengan air terjun indah di dalamnya, serta pemandangan pegunungan yang begitu cantik di Pegunungan Alpen Dinari.

Tak hanya pemandangan alamnya saja, panorama kota-kotanya juga bisa memberikan pengalaman menjelajah tersendiri buat kamu. Perjalanan panjang sejarah Kroasia yang pernah dijajah berbagai kerajaan, kekaisaran, hingga republik telah membuat negara ini kaya akan warisan budaya. Dan, itu semua bisa kamu lihat di pemandangan kotanya.

Bangunan mewah bak Venesia di Italia, benteng era Napoelon Perancis, arsitektur bergaya Roman, gereja-gereja Slavik, perumahan layaknya kota Wina di Austria, sampai patung-patung relaisme sosial khas negara Sosialis bisa kamu temukan di Kroasia. Wow!

6. Kota Pesisirnya, Dubrovnik, Termasuk dalam UNESCO World Heritage

Nah, destinasi yang paling populer di Kroasia adalah kota pesisir Dubrovnik. Berbatasan langsung dengan Laut Adriatik, kota ini memiliki julukan Pearl of the Adriatic. Kalau dilihat sekilas, kota ini mirip dengan kota Venesia yang ada di Italia.

Well, sejarah mengatakan kalau pada Abad Pertengahan, Dubrovnik jadi satu-satunya kota perdagangan maritim yang bisa mengalahkan Venesia.

Dan, layaknya kota Venesia pula Dubrovnik tak tergerus akan dunia modern dengan tetap mempertahankan bangunan bersejarahnya. Kota ini pun telah menjadi UNESCO World Heritage sejak 1979.

Ya, di sini kamu akan menemukan suasana kota tua yang cantik. Kamu tidak bakal letih deh mengelilingi Dubrovnik yang punya jalan-jalan batu gamping, sambil melihat bangunan-bangunan bergaya Barok yang khas, serta memandangi gemerlapnya Laut Adriatik yang tak berujung. By the way, kota ini juga jadi lokasi syuting Game of Thrones, lho. Bisa tebak untuk scene yang mana? Yup, ini adalah lokasi walk of shame Cersei!

7. Pertama Kalinya Lolos ke Final Piala Dunia

Yang membuat Piala Dunia tahun ini spesial buat Kroasia adalah ini kali pertama Kroasia berhasil lolos ke babak final. Tak hanya itu, Kroasia juga jadi satu-satunya negara yang berhasil memenangkan seluruh pertandingan di Piala Dunia.

Ini adalah pencapaian terbesar yang pernah diraih Kroasia dalam ajang sepak bola bergengsi tersebut. Setelah berhasil mengalahkan berbagai tim “elit” Piala Dunia, menurut kamu apakah Kroasia mampu menaklukkan Perancis dan menjadi juara di Piala Dunia 2018?

(Image: instagram.com)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Facebook Comment