Jangan posting foto ini di media sosial ya!

8025

Welcome to the digital age. Di zaman modern ini, teknologi terus berkembang dan media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan banyak orang. Hard Rockers, jika kamu aktif di media sosial, camkan tip dari Cosmo: be careful of what you post.

Berikut adalah 7 tipe foto yang sebaiknya tidak diunggah di media sosial, karena aksi tersebut dapat membahayakan identitas, pekerjaan, dan hubungan kamu bersama orang lain.

1. Boarding Pass

Woohoo! Kamu baru saja membeli tiket pesawat online untuk perjalanan ke Jepang bulan depan. Ingin mengekspresikan kesenangan kamu di Instagram Stories? Boleh saja, namun jangan pernah memamerkan email konfirmasi dari airline atau tiket pesawat kamu di sosial media.

Menurut ahli cybercrime Brian Krebs, hackers dapat mengakses data pribadi seperti nomor telepon, tanggal lahir, dan informasi yang tercantum di paspor kamu.

Selain itu, orang asing juga bisa mencari tahu tanggal kamu berangkat dan pulang berdasarkan dari nomor booking yang tercatat di tiket online. So… rumah kamu yang kosong akan menjadi sasaran yang empuk bagi para kriminal.

2. Uang

Kami harap kamu sudah tahu bahwa mengunggah informasi tentang keadaan finansial bukanlah suatu aksi yang bijaksana! Jangan memamerkan uang, kartu kredit, atau barang-barang mewah yang kamu miliki di media sosial untuk menghindari skenario perampokan yang bisa saja terjadi pada siapapun.

Oh ya, hindari juga foto atau caption yang membagikan informasi finansial seperti nama bank kamu.

3. Email Kantor

Keep your work and personal life separate, dan jangan bertindak impulsif saat kamu ingin mengunggah sesuatu yang berurusan dengan pekerjaan. Jika perusahaan kamu mengirim email tentang perkembangan atau ide branding yang baru, hal terakhir yang diinginkan adalah informasi yang bocor ke tangan kompetitor.

Hindari juga curhatan kantor yang tidak penting, informasi yang belum dipublikasikan, dan ingat untuk tidak merekam pembicaraan para rekan kerja di tengah rapat. Selain dicap tidak profesional, aksi tersebut juga bisa membahayakan kariermu.

4. Tulisan Tanpa Hak Cipta

Bangga dengan puisi atau cerpen yang kamu tulis? Posting isn’t the best idea, khususnya jika kamu ingin menulis buku atau memasukkan karya kamu ke dalam kompetisi.

Jika kamu tidak keberatan dengan aksi copy-paste yang dapat dilakukan orang lain tanpa memberikan credit ke penulis aslinya (kamu!), silahkan. Meskipun tulisan kamu hanya bersifat sentimental, mengunggah tulisan tersebut online memudahkan orang asing untuk menyalin, meniru, dan mengklaim bahwa karya tersebut ciptaan mereka sendiri.

5. Informasi Anak

Mengunggah foto anak kecil yang sedang tersenyum manis memang terlihat menggemaskan dan tidak berbahaya, namun pikir lagi sebelum posting di media sosial. Untuk melindungi privasi anak tersebut, jangan mengumbar informasi pribadi seperti nama lengkap, nama sekolah, atau kota asalnya, khususnya jika akun Instagram milikmu bersifat publik dan bisa diakses oleh orang asing.

6. Pengumuman Orang Lain

Kakak kamu baru saja menelepon untuk mengumumkan bahwa ia hamil! Dengan mata yang berkaca-kaca, kamu mulai menulis sebuah caption yang mengharukan dan bersiap untuk mengunggah foto ultrasound bayi yang dikirim kakakmu. Stop right there.

Jangan mendahulukan mereka dan menjadi orang pertama yang mengumumkan sebuah berita yang tidak menyangkut kamu, khususnya sebuah kejadian yang life-changing seperti pertunangan, berita kehamilan atau kelahiran. Tunggu sampai orang yang bersangkutan mengunggah sebuah official post, baru kamu boleh posting juga.

Jika mereka tidak mengunggah apa-apa, jangan berasumsi bahwa mereka lupa – mungkin mereka memiliki alasan lain untuk tidak menyiarkan berita tersebut. Ingat untuk selalu meminta izin sebelum mengumumkan berita yang menyangkut orang lain.

7. Foto Milik Orang Lain

Of course, kamu tahu kamu tidak boleh mengambil foto milik orang lain untuk mengiklankan sebuah produk tanpa izinnya. Namun ada juga aksi yang lebih sederhana yang sebenarnya melanggar privasi orang tersebut – seperti mengunggah foto milik orang lain di media sosial tanpa mendapat izin, membayar upah, atau mencantumkan sumber. That’s just bad manners!

Bagaimana perasaan kamu jika ada orang asing yang menggunakan foto kamu sebagai foto profil di akunnya? Violated. So, jangan melakukan hal yang sama!

(Image: doc. janeb13 / pixabay.com)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Facebook Comment