Betapa indahnya Gili Lawa sebelum dilalap api!

253

Pada Rabu malam lalu, 3 Agustus 2018, terjadi kebakaran di Gili Lawa, kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Beberapa saksi mata menyebutkkan, kebakaran terjadi karena ada pihak agen travel yang menyalakan kembang api demi foto kekinian.

Menurut Budi Kurniawan, Kepala Taman Nasional Komodo, kebakaran terjadi diakibatkan putung rokok yang dibuang oknum pengunjung di puncak Gili Lawa.

Menurut sumber, luas lahan hutan di Gili Lawa Darat yang terbakar mencakup 10 hektare.

Meski tidak mengganggu habitat satwa Komodo, kebakaran jelas merusak keindahan pemandangan padang savana yang kerap menjadi spot trekking dan foto-foto instagramable tersebut.

penampakan Gili Lawa setelah api berhasil dipadamkan:

Berikut ini beberapa postingan instagram dari keindahan Gili Lawa sebelum terjadi kebakaran pada rabu lalu, Hard Rockers.

View this post on Instagram

Pemandangan alam yang menakjubkan pasti membuat setiap orang terhipnotis dengan sejuta pesona keindahan di Gili Laba. Peristiwa kebakaran yang melanda 10 hektar area Gili Lawa adalah peristiwa yang sangat memprihatinkan bagi kita semua. Yukk.. kita lebih peduli terhadap lingkungan dimana pun kita berada. Jaga bersama kekayaan alam negeri ini dengan penuh keikhlasan. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi? Get well soon Gili Laba. . . #gililaba #gililawa #gililawadarat #pulaukomodo #tamannasionalpulaukomodo #pulaupadar #takamakassar #pinkbeach #flores #pulaukanawa #pulaukelor #explorekomodoisland #komodotrip #sailingkomodo #tamannasionalkomodo #padarisland #nusatenggaratimur #indonesiatimur #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #explorekomodoisland #labuanbajo #love #beautiful #beautifuldestination

A post shared by Tukang Jalan (@tukang_jalan) on

View this post on Instagram

Happy Weekend Guys! Ini nih yang namanya Gili Lawa. Keren kan? Bisa kebayang dong gimana bahagianya Tuhan saat menciptakan tempat ini? • Tapi sama-sama kita tahu, pemandangan ini nggak akan kita liat dlm beberapa waktu ke depan karna ulah sekelompok turis tak bertanggung jawab. • So pasti kalian sedih, marah, kecewa lihat kejadian ini, sama kaya mimin 😔 Tapi sebenarnya banyak hikmah yg bisa kita ambil dr kejadian tersebut, terutama tentang pentingnya mengedukasi diri. Bagaimana kita menjadi seorang pejalan yg cerdas dan santun. • Ayo teruslah blajar, terus tambah ilmu sebelum bepergian, pelajari aturannya, pelajari budayanya, dan pelajari tata kramanya, biar kejadian-kejadian yg tidak diinginkan seperti ini bisa diminimalisir. • Sampai kapan Alam harus mengalah demi kepentingan kita pribadi? Semoga kejadian ini bisa menyadarkan kita semua untuk pentingnya berbaik hati dengan alam dan sekitar.

A post shared by RANSELNESIA (@ranselnesia) on

View this post on Instagram

#SabtuBercerita Kali ini khusus mau cerita soal Indonesia Timur, karna saya masih bercita2 balik ke daerah sana. #Aamiin Foto 1 & 2 Kabarnya, Gili Lawa Darat di NTT ini kemarin kebakaran, sedih. Ini tempat asli viewnya canteeek banget. Tapi kemarin hangus, ada yg bilang karna kembang api, ada yg bilang karna puntung rokok. Duh. Yang pasti, kalau emang gara2 ulah manusia, sungguh sangat disayangkan. Walaupun pulau ini nggak dihuni manusia, tpi kan ada flora fauna yg hidup. Sama kasihannya. Please be more respect guys! Foto 3 & 4 Gempa di Lombok NTB, sudah seminggu lalu. Kabarnya yg paling berdampak di daerah Sembalun, Lombok Timur, termasuk di Gunung Rinjani. Banyak korban, termasuk pendaki. Sediih. Namanya musibah nggak ada yg bisa menebak kapan datangnya. Tetap berdoa agar semua diberi kesehatan dan keselamatan dimanapun berada. 🙏🙏 . . #wonderfulindonesia #eastindonesia #gililawadarat #rinjani #ntt #ntb #keepsafety

A post shared by Dewi Rokhmah Pyriana (@dewirokhmah) on

[teks Faradilla Maharani | foto & video instagram.com, journeyera.com]

Facebook Comment