Jet Lag? Nih, baca tips untuk menghindarinya!

295

Jet lag terjadi saat tubuh kamu tidak dapat menyesuaikan perubahan pada zona waktu. Jet lag berdampak pada perubahan jadwal tidur yang menyebabkan insomnia sementara, kelelahan dan gangguan konsentrasi.

1. Tidur dengan cukup sebelum keberangkatan

Biasanya, sebelum berpergian kesuatu tempat, banyak orang yang susah untuk tidur dikarenakan terlalu bersemangat terhadap perjalanan yang hendak mereka jalani dan memilih untuk beristirahat di sepanjang perjalanan.

Namun, kenyataannya itu salah. Mengubah kebiasaan kamu pada menit terakhir hanya akan membuat kamu lebih sulit untuk menyesuaikan dengan zona waktu baru.

2. Hindari penerbangan dengan kedatangan di malam hari

Penerbangan dengan kedatangan di siang hari akan membuat kamu tetap terbangun. Kamu juga akan mempunyai waktu lebih untuk mengeksplor wilayah sekitar dan menikmati cahaya matahari yang nantinya akan membuat kamu lelah dan dapat tertidur lelap di malam hari.

3. Hindari minuman beralkohol

Efek dari kadar alkohol yang tinggi akan meningkatkan kelelahan dan menyebabkan dehidrasi. Kamu akan merasa lebih sulit untuk mengatasi jet lag.

 

4. Hindari minum kopi

Hindari minuman yang mengandung kadar kafein cukup tinggi, seperti kopi, cola, dan sebagainya. Stimulan buatan ini akan mempengaruhi kemampuan kamu untuk tidur dengan baik.

[teks Anindyta Aprilia | foto hightimes.com, no1lounges.com, skymag.kz, videoblocks.com]

Facebook Comment