Baluran, Savana From Indonesia

2013
0
HRFM Travel Baluran 5

 

Indonesia begitu banyak wisata yang beragam. Tidak hanya pantai atau pegunungan yang dapat dinikmati, tetapi taman nasional pun dapat menjadi pilihan bagi Hard Rockers.

Salah satunya adalah wisata Baluran, yang bertempat di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

 

Taman Nasional Baluran tersebut merupakan perwakilan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Bagi Hard Rockers yang ingin merasakan seperti berada di Afrika, sebaiknya datang pada saat musim kemarau, pada bulan Juni-Agustus karena air di hutan kering, dan rumput berwarna kuning. Dan di bulan itu juga, satwa liar yang hidup bebas seperti rusa, banteng, burung merak yang berada di dalam hutan akan keluar menuju savana pada musim kering.

HRFM Travel Baluran

 

Akses menuju Taman Nasional Baluran ini tidak mahal, dan memang serasa seperti di Afrika. Karena sepanjang perjalanan menuju Savana Bekol di Taman Nasional Baluran ini di kanan-kiri jalan banyak sekali pohon jati.

Selan itu, disarankan bagi Hard Rockers yang ingin berkunjung ke Baluran ini, untuk datang sekitar jam 04.00 pagi, karena para satwa liar akan datang di pagi hari dan juga matahari terbit di Baluran ini sangat amazing.

HRFM Travel Baluran 2

Setelah puas berfoto sambil menikmati savana, Anda juga dapat mampir ke pantai Bama. Kawasan konservasi yang banyak terdapat pohon mangrove ini, bisa menjadi alternatif, jika ingin ber-snorkeling sambil melihat keindahan bawah laut.

HRFM Travel Baluran 7

 

Hard Rockers tertarik? Silahkan datang! Tapi ingat, tetap menjaga lingkungan dan tidak merusak ekosistem ya guys! << [teks: @karimyusrun | foto: indonesia.travel.com]