Daftar pengeluaran yang bisa menghabiskan uang Anda

2002
0

Semua orang punya pengeluaran rutin bulanan dan kami yakin Anda juga daftar rutin yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, termasuk pulsa telepon, paket internet, dan makan siang andalan Anda setiap siang di restoran. Namun, tahukah Anda kalau semua itu sebenarnya untuk uang di dalam rekening Anda.

Kami pun sudah mencatat beberapa pengeluaran rutin yang mungkin bisa menyedot setiap Rupiah uang Anda setiap bulannya kalau Anda tidak segera mengontrolnya. Jadi, sebisa mungkin buat keputusan kalau Anda tidak ingin bekerja hanya untuk membayar tagihan.

1. Kartu kredit

Kami tidak perlu memberitahukannya lagi kalau kartu kredit membuat orang berpikiran konsumtif. Apalagi dengan sejumlah promo memikat dari penyedia layanan pastinya membuat Anda semakin tak kuasa untuk melakukan transaksi.

Ya, kami tidak melarang Anda untuk menggunakannya. Kendalanya, banyak pengguna kartu kredit yang hanya melakukan pembayaran minimum setiap bulannya dan menyisakan banyak utang.

Kalau memang Anda mau menggunakan kartu kredit, bayarlah lunas sebelum tanggal jatuh tempo atau lebihkan bayaran setiap bulannya dari pembayaran minimum. Orang tidak bangkrut karena berutang, tapi orang bangkrut karena tidak membayar utangnya tepat waktu.

2. Potongan Bank

Kalau dipikir-pikir, Anda memang memasukkan uang setiap bulan ke rekening bank Anda dan bank menjanjikan sejumlah uang karena memercayakan jasa mereka. Sebaliknya secara peraturan, bank juga berhak meminta sejumlah uang dalam bentuk biaya administrasi setiap bulannya. Begitu memang cara mainnya. Dengan kata lain, kalau Anda tidak menabung dengan jumlah yang besar, uang Anda akan tergerus habis tanpa Anda gunakan.

3. Biaya berlangganan

Era digital membuat kita ikut arus untuk berlangganan sejumlah hal kecil, seperti layanan streaming musik atau video. Padahal, Anda tidak selalu memanfaatkannya. Ada baiknya cek beberapa langganan yang sepertinya tidak terlalu sering dipakai dan pindahkan dananya untuk membayar poin nomor dua.

4. Cicilan kendaraan

Pada dasarnya, sebuah kendaraan hanya akan memiliki kemampuan untuk membawa Anda dari satu tempat ke tempat lain, jadi membeli kendaraan sesuai kebutuhan saja sudah bisa dikatakan cukup. Jangan paksakan untuk membeli kendaraan di luar kemampuan finansial Anda apalagi membelinya dengan fasilitas cicilan.

Cicilan bulanan yang dibenarkan dari kacamata finansial sebenarnya hanya 30% dari penghasilan Anda setiap bulannya. Kalau memang bisa di bawah itu, malah lebih baik.

5. Minuman

Benar nggak kalau minuman sebenarnya lebih menghabiskan uang dibanding makanan? Kadang kita malah lebih sering memesan minuman lebih banyak di restoran untuk memperlama waktu nongkrong.

Kopi pun termasuk komoditas yang menguras kantong setiap bulannya. Kalau memang Anda mau berhemat, bawahlah botol minum sendiri—termasuk kopi untuk satu hari penuh!

6. TV Cable

Kami beri tahu, semua film seri dan reality show sudah bisa Anda tonton via layaran streaming atau video di internet. Itu juga termasuk film Hollywood yang ketinggalan ditonton di bioskop atau tidak masuk ke pasar Indonesia.

Kecuali Anda masih suka dengan mengajak teman Anda menonton pertandingan sepak bola, tampaknya TV cable tidak terlalu diperlukan ada di dalam rumah.

7. Barang Murahan

Jangan selalu melihat barang murah sebagai hari keberuntungan untuk Anda. Bisa saja itu menjadi awal dari sesuatu yang buruk. Jadi, dibanding membeli sepatu lari dengan harga Rp200 ribu yang hanya bisa digunakan selama 2-3 bulan saja lebih baik membeli sepatu lari dengan hara Rp1 juta dan bisa digunakan untuk 2-3 tahun lamanya.

8. Anda Sendiri

Malas merawat diri dan meninggalkan hidup sehat yang bisa menjadi bumerang buat Anda. Kemalasan Anda bisa menjadi bencana saat tagihan rumah sakit sudah ada di tangan dan Anda harus melunasinya segera.

Source: Maxim Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
BMW seri 4 diluncurkan di Indonesia
The Weeknd stalking Instagram Selena Gomez!
Nintendo resmi akan merilis SNES Mini tahun ini