Di manakah kota dengan kemacetan terparah di dunia?

1492
0

Menurut Anda, kota manakah yang menyandang gelar kota dengan kemacetan terparah di dunia? Jika Anda warga Jakarta, kemungkinan besar jawabannya akan tertuju pada ibukota Indonesia karena kemacetan yang terjadi tidak hanya di jalanan utama saja, melainkan juga meluas hingga di hampir seluruh jalanan kota. Faktanya, ada kota besar dunia yang memiliki masalah kemacetan lebih parah dibandingkan Jakarta, yakni Bangkok, Thailand.

Kemacetan di Kota Bangkok

Penempatan kota Bangkok di posisi teratas daftar kota dengan kemacetan terparah di dunia didasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh pengembang layanan GPS TomTom. Survei tahunan yang mengkaji tentang kualitas lalu lintas perkotaan itu dilakukan pada 390 kota di 48 negara.

Kota Bangkok dinilai memiliki kemacetan terparah di dunia karena membludaknya populasi setempat yang dibarengi dengan meningkatnya kepemilikan jumlah kendaraan bermotor, khususnya mobil. Luas kota yang tidak seimbang dengan jumlah populasi di dalamnya juga menjadi alasan utama mengapa kemacetan mudah terjadi di banyak titik di ibukota negeri Gajah Putih tersebut.

Sementara itu di posisi kedua dan ketiga bertengger secara berurutan Mexico City dan Bukares.

Mexico City dinilai cukup beruntung turun ke posisi dua setelah sebelumnya berada di posisi teratas selama dua tahun berturut-turut. Kemacetan di ibukota Meksiko itu dinilai yang terparah di seluruh benua Amerika, terjadi hampir di sepanjang hari. Meskipun telah memiliki sistem MRT dan jalur bus khusus, namun jangkauannya belum merata, sehingga penduduk lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktifitas.

Adapun Bukares yang merupakan ibukota Romania berada di posisi ketiga dikarenakan ukuran kotanya yang sempit belum bisa mengimbangi kebutuhan mobilisasi warganya. Ditambah lagi jalanan di Bukares rata-rata tidak lebar dan sistem transportasi publiknya masih minim, membuat kendaraan pribadi lebih banyak dipilih sebagai solusi transportasi warganya.

Kemacetan di kota Jakarta

Bagaimana dengan Jakarta? Kota terbesar di Asia Tenggara ini akhirnya berhasil keluar dari posisi tiga besar akibat dari kian bertambahnya pilihan transportasi di seantero kota. Survei yang dilakukan oleh TomTom menunjukkan kecenderungan warga Jakarta yang mulai meninggalkan kendaraan pribadinya untuk bermobilisasi, dan memilih kereta commuter line, bus berjalur khusus (Trans Jakarta), dan yang paling fenomenal adalah transportasi berbasis aplikasi.

Selain itu, pihak TomTom juga memprediksikan bahwa kualitas lalu lintas Jakarta akan kian membaik dalam lima tahun ke depan pasca rampungnya beberapa program pembangunan sistem transportasi masal.

Semakin parahnya kemacetan di lima besar hasil survei terkait merupakan ‘korban’ dari sukses yang diraih oleh negara-negara di mana kota-kota tersebut berada. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta meningkatnya jumlah populasi berbanding lurus dengan kian besarnya kebutuhan lalu lintas dan mobilisasi masyarakat di dalamnya,” jelas Nick Cohn, ahli lalu lintas perkotaan pada TomTom.

Berikut adalah daftar lengkap 15 kota dengan kemacetan terparah di dunia.

1. Bangkok, Thailand
2. Mexico City, Meksiko
3. Bukares, Romania
4. Jakarta, Indonesia
5. Moskow, Rusia
6. Chongqing, Tiongkok
7. Istanbul, Turki
8. St. Petersburg, Rusia
9. Zhuhai, Tiongkok
10. Santiago, Chile
11. Guangzhou, Tiongkok
12. Shijizhuang, Tiongkok
13. Shenzen, Tiongkok
14. Los Angeles, Amerika Serikat
15. Beijing, Tiongkok

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Ada yang mau nonton konser gratis di Bangkok bareng kita? Ada 21 slot tempat di #Rockventure April ini nih! Dengarkan terus 87.6 Hard Rock FMweb streaming

Baca juga:
Fitur terbaru di Instagram. Yay or nay?
Higher education means getting higher position?
Drive N Jive, ngobrol bareng sutradara dan pemain film Jakarta Undercover!