Goodbye, Mandela

823
0
HRFM Nelson-Mandela

Tokoh asal Afrika Selatan yang berhasil membebaskan negaranya dari politik apartheid yang mendiskriminasi warga kulit hitam, meninggal dunia di usianya yang ke 95 tahun. Berita meninggalnya Nelson Mandela yang pernah berada di penjara selama 27 tahun karena berusaha membela rakyat Afrika dari diskriminasi warna kulit, disampaikan oleh Jacob Zuma, presiden Afrika Selatan yang saat ini menjabat.

“This is, indeed, the moment of our deepest sorrow. Our nation has lost its greatest son. Our people have lost a father. What made Nelson Mandela great was precisely what made him human. We saw in him what we seek in ourselves.”

Hal ini tentunya mengejutkan masyarakat Afrika Selatan, untuk menghormati berpulangnya tokoh yang kerap kali terlihat memakai batik ini, pemerintah Afrika Selatan beserta seluruh masyarakat mengungkapkan bela sungkawanya dengan memasang bendera setengah tiang di tiap rumah dan kantor.

Mantan presiden Afrika Selatan periode tahun 1994 hingga 1999 serta pernah menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) dan Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999 ini meninggal akibat penyakit paru-paru yang dideritanya sejak lama. 

Selamat jalan, Mnadela 🙂