Hard Rock FM’s Pick: 5 Momen Kontroversial MTV VMA

544
0

MTV Video Music Awards (VMA) selalu ciptakan momen tak terlupakan.  Tahun ini, acara akan dilaksanakan di Barclays Center New York tanggal 30 Agustus nanti.
VMA 2020 akan menjadi acara penghargaan besar pertama yang diselenggarakan secara fisik sejak pandemi terjadi.  Gubernur New York, Andrew Cuomo menegaskan bahwa protokol kesehatan dan keselamatan akan tetap diberlakukan.  Untuk itu, acara kali ini tidak akan melibatkan penonton.

Tahun ini, Ariana Grande dan Lady Gaga mendominasi kategori dengan sembilan nominasi.  Billie Eilish dan The Weeknd ada di posisi kedua dengan perolehan enam nominasi.

Sambil menunggu pelaksanaan acara di akhir Agustus nanti, yuk simak lima momen yang paling diingat Rian Ibram dari VMA yang pernah ada sampai saat ini!

5. Pengumuman Kehamilan Beyonce, MTV VMA 2011

Beyonce VMA 2011/mtv.com

Beyonce menggunakan VMA 2011 untuk mengumumkan kehamilan anak pertamanya.  Waktu itu Beyonce tampil membawakan “Love On Top” dalam balutan jas tuxedo ungu dan clean hitam.  Bersama para penari latar, ia masih menyanyi sambil bergoyang dengan menggunakan sepatu hak setinggi 15 sentimeter.  Di akhir lagu, ia menjatuhkan mikrofon, membuka kancing jaket, dan mengelus perutnya.

 

4. Kostum ‘Daging’ Lady Gaga, MTV VMA 2010

Lady Gaga VMA2010/Photo by Kevin Winter/Getty Images

Lady Gaga membuat kontroversi di VMA 2010 ketika hadir dengan kostum yang terbuat dari daging mentah.  Ia pun naik ke panggung untuk menerima piala Video Of The Year untuk lagu “Bad Romance”.  Gaun yang dirancang Franc Fernandez ini sempat mendapatkan kecaman dari aktivis pembela hak binatang.  Walaupun demikian, Rock & Roll Hall of Fame memajang baju ini di museumnya setahun kemudian.

 

3. Kolaborasi ‘Seronok’ Robin Thicke & Miley Cyrus, MTV VMA 2013

Miley Cyrus VMA2013/Lucas Jackson/Reuters

Tidak ada yang bisa melupakan penampilan Miley Cyrus di VMA 2013.  Di hadapan sekitar 10 juta penonton, Miley Cyrus memperagakan twerking di depan Robin Thicke waktu menyanyikan medley “We Can’t Stop” dan “Blurred Lines”.  Ditambah lagi, saat itu ia hanya mengenakan bikini dengan warna kulit.  Ia juga beberapa kali menggunakan tangan busa yang dipegangnya untuk memperagakan hal yang kurang pantas ditayangkan di televisi.  Penampilan ini dikecam banyak pihak.  Termasuk Brooke Shields yang pernah menjadi ibu Miley di Hannah Montana.

 

2. Taylor Swift VS Kanye West, MTV VMA 2009

Taylor Swift VMA 2009/Jason Decrow/AP/Shutterstock

2009 seharusnya menjadi awal karir yang indah bagi Taylor Swift.  Terlebih ketika ia terpilih untuk menang kategori Best Female Video di VMA 2009 lewat lagu “You Belong With Me”.  Salah satu yang ia kalahkan di kategori tersebut adalah Beyonce dengan lagu “Single Ladies (Put A Ring On It)”.  Sayangnya Kanye West tidak sependapat dengan hasil tersebut.  Ketika Taylor Swift sedang memberikan ucapan terima kasih, Kanye naik ke panggung dan menyebutkan bahwa Beyonce memiliki lebih banyak video musik yang bagus.  Terkejut dengan ucapan tersebut, Taylor Swift dikabarkan menangis ketika turun dari panggung.

1. Britney Spears VS Madonna VS Christina Aguilera, MTV VMA 2003

Madonna & Britney Spears VMA 2003/GettyImages

Momen yang paling tidak bisa dilupakan dari VMA adalah ketika Madonna mencium bibir Britney Spears dan Christina Aguilera di atas panggung!  Saat itu Britney Spears dan Christina Aguilera tampil terlebih dahulu membawakan lagu “Like A Virgin” dari Madonna. Keduanya muncul dengan gaun pernikahan yang sama.  Madonna muncul belakangan dengan lagu “Hollywood”.  Penampilan ditutup dengan ciuman, yang masih dibicarakan banyak orang sampai saat ini.

 

Apakah akan terjadi juga momen-momen mengejutkan lain di VMA tahun 2020 ini?  MTV sudah mengumumkan nama tiga artis yang akan tampil tahun ini, yaitu BTS, Doja Cat dan J Balvin.  Nama-nama lain dipastikan akan menyusul untuk diumumkan.  Sementara itu 15 kategori sudah dibuka untuk voting publik, yang bisa dilakukan di situs MTV.