How To Get Diving License?

1325
0
hrfm diving

Sama halnya dengan menyetir, diving juga harus punya Surat Izin khusus untuk melakukan kegiatan tersebut. Yang menjadi persoalan adalah, diving license itu, nggak bisa sembarangan mendapatkannya. 

Ada beberapa sertifikasi dalam diving yang sifatnya memiliki tingkatan tertentu sesuai dengan kesulitan selama melakukan kegiatan diving. Untuk mendapatkannya juga melalui lembaga yang nggak sembarangan. Ada beberapa lembaga di Indonesia yang memiliki hak untuk mengeluarkan sertifikasi selam, antara lain seperti:

1. Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) yang berafiliasi dengan Confederation Mondiale des Activites Subaquatiques (CMAS) yang berpusat di Italia.

2. Technical Diving International & Scuba Diving International (TDI-SDI).

3. National Association of Underwater Instructors (NAUI) Indonesia yang langsung di bawah NAUI pusat di Amerika Serikat, dan berlaku di seluruh dunia.

4. Profesional Association Diving Instructor (PADI).

Mari membahas bagaimana caranya mendapatkan sertivikat diving dari salah satu institusi penerbit sertifikasi Rekreasi Scuba terbesar di dunia, yang paling banyak dikenal adalah PADI.

Open Water Course adalah sertifikasi tingkat dasar yang ada di PADI. Sertifikasi ini dibuat khusus untuk pemula, yang baru mengenal kegiatan diving (apalagi yang belum bisa berenang, tenang deh pokoknya).

 

Ada 3 tahap pelatihan, yaitu:

1. Academic Session

Bagian ini menjelaskan teori yang berisi pengenalan materi selama melakukan scuba diving. Biasanya di lakukan dalam sebuah kelas, dengan dive master yang menjadi tutornya. Untuk yang nggak bisa mengikuti sesi ini, PADI juga memberikan pelajaran via online.

2. Pool Training

Kalau bagian ini adalah tahapan praktek dan simulasi. Disini para calon pemilik sertifikat diving akan banyak belajar hal-hal penting seperti, cara merakit peralatan scuba diving, membersihkan mask dari air atau cara bernapas menggunakan regulator yang biasanya masih sulit di lakukan oleh para pemula.

3. Open Water Session

Ini bagian terakhir dan paling seru untuk mendapatkan sertifikat diving tingkat pertama. Bagaimana tidak, pada tahapan ini Hard Rockers bisa langsung menyelam ke laut dengan pengawasan instruktur pastinya.

 

Diving Operator

Nah, untuk bisa mendapatkan hal itu, Hard Rockers bisa ke tempat-tempat berikut:

1. Lautanmas, Jakarta

Lokasi: Jl Toko Tiga No 24, Jakarta Barat. Memberikan tiga jenis paket dengan harga berkisar Rp 2,75 juta hingga Rp 5 juta. belum termasuk biaya trip ke pulau.

2. Belajar Diving Dot Com, Bali dan Bunaken

Lokasi: Bali dan Bunaken. Pendaftaran melalui www.belajardiving.com, biaya pendaftaran bervariasi, tergantung lokasi menyelam dan lamanya menginap. Untuk latihan pemula, biaya per paketnya adalah Rp 3.750.000 dan biaya tersebut tidak termasuk akomodasi dan transportasi.

3. Manta Dive, Lombok

Lokasi: di sekitar Gili Trawangan dan Gili Air di Lombok, NTB. Dive operator ini membuka kelas untuk beginner dan advance, dengan harga Rp 3,4 juta untuk beginner, dan Rp 2,7 juta untuk advance.

Semoga bermanfaat!

Mari menyelam!

Sumber: belajardiving.com, travel.detik.com,