Instagram Mengalahkan Twitter

1207
0
Instagram-logo2

Facebook pernah menjadi primadona. Tapi itu sih, dulu. Waktu ponsel Android belum membanjiri pasar seperti sekarang. Juga sewaktu Twitter belum banyak digunakan orang. Nah, setelah Twitter muncul, Facebook pun mulai diabaikan oleh para penggunanya [just like Friendster]. Padahal, kalau dilihat dari fitur, Facebook jelas lebih lengkap ketimbang Twitter. Tidak hanya bisa follow-unfollow, tapi juga bisa add friend, membuat album foto, membuat status, dll.

Cuma, kesederhanaan yang ditawarkan Twitter, justru membuat orang jadi jatuh hati pada aplikasi burung biru ini. Lagipula, kalau kamu nggak suka sama comment orang, kamu tidak perlu menampilkannya di timeline kamu. Tidak kayak Facebook, di mana semua aktivitas kamu bisa dikomentari oleh orang banyak.

Tapi, Twitter kayaknya musti berhati-hati dengan kehadiran aplikasi yang satu ini: Instagram. Yap, meskipun fungsinya beda, tapi rupanya pengguna Instagram kini jauh melampai Twitter. Padahal, Instagram juga tergolong masih “bayi”.

Selain itu, Instagram juga tidak bisa diakses dari sembarang ponsel. Kita harus download aplikasinya terlebih dahulu di marketplace, baru deh, bisa narsis ria di Instagram. Namun memang Instagram memberikan ruang maksimal bagi para pengguna buat bernarsis ria dan menunjukkan eksistensi secara visual. So, mungkin itu alasan mengapa Instagram begitu mudah untuk dicintai.

Dalam sebuah blog khusus, Kevin Systrom, CEO Instagram, mengatakan bahwa kini Instagram resmi memiliki 300 juta pengguna aktif. Jauh melampaui Twitter dengan pengguna sebanyak 284 juta [ini sudah termasuk akun-akun telur yang non-aktif]. Hal ini tentu saja merupakan berita gembira bagi Kevin, sekaligus “peringatan” buat Twitter. Soalnya, trend itu lebih parah ketimbang cowok playboy: mereka bisa berganti apapun, setiap waktu.

Untuk membuat pengguna semakin setia, rencananya Instagram akan membuat tanda “official account”. Jadi, pengguna tidak akan salah saat mengikuti publik figur ternama. « [teks @intankirana | foto slashgear.com]