Medali Olimpiade Tokyo 2020 terbuat dari ponsel bekas

963
0

Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari Ponsel Bekas

Di tengah kian pesatnya kemajuan teknologi gadget saat ini, ternyata menyimpan sebuah masalah yang berdampak pada kelestarian lingkungan, yakni mulai menumpuknya sampah dari ponsel-ponsel terdahulu yang sudah tidak lagi terpakai. Masalah tersebut menginspirasi panitia Olimpiade Tokyo 2020 untuk mendaur ulangnya sebagai material utama pembuatan medali.

Setidaknya dibutuhkan sebanyak 2.400 buah ponsel untuk membuat sekitar 5.000 medali. Taksiran logam yang akan didapat dari proses daur ulang tersebut adalah seberat 8 ton yang terdiri dari emas, perak, dan perunggu.

Rencananya, panitia penyelenggara akan mulai menyediakan kotak penampungan barang-barang tersebut di perkantoran serta tempat umum di Jepang. Terhitung sejak April mendatang, masyarakat Negeri Matahari Terbit dapat mulai berpartisipasi dalam proyek pembuatan medali ini dengan mengumpulkan barang-barang tersebut di kotak yang telah disediakan. Panitia tidak hanya menampung ponsel lawas, melainkan perabot elektronik kecil yang sudah tak terpakai dan mengandung logam pun juga dapat disumbangkan dan  kemudian dipilah untukan dijadikan bahan dasar pembuatan medali olimpiade.

TEKS: AMIN MULIA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE

Source: Esquire

Ada yang mau nonton konser gratis di Bangkok bareng kita? Ada 21 slot tempat di #Rockventure April ini nih! Dengarkan terus 87.6 Hard Rock FMweb streaming

Baca juga:
The most anticipated EDM Festivals in 2017!
Duet sempurna Ariana Grande dan John Legend!
Perjalanan petinju Vinny Pazienza dalam Bleed for This