Pilihan lain berwisata melihat satwa di Taman Safari II Prigen

1948
0

Tahukah Hard Rockers bahwa Taman Safari II Prigen merupakan Taman Safari terluas di Indonesia, dibandingkan dengan Taman Safari Cisarua yang 150 hektar dan Bali Safari Park yang cuma 40 hektar, luas Taman Safari II Prigen ini mencapai 350 hektar lho.

Meski tak begitu banyak mendapat sorotan publik, Taman Safari ini diresmikan tahun 1997 oleh Taman Safari Indonesia. Fungsinya, sebagai taman konservasi, edukasi, dan rekreasi.

Tempatnya ada di kecamatan Prigen kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Taman Safari II Prigen mempunyai koleksi hingga 3000 satwa dari 200 spesies yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Nggak hanya untuk rekreasi, taman ini juga menjadi lembaga konservasi dan memiliki program pendidikan untuk membantu perlindungan spesies-spesies langka yang terus-menerus kehilangan habitatnya.

Dalam rekreasi, Safari Prigen menyiapkan paket edukasi untuk para pengunjung tentang Gajah Sumatera dan Mamalia Laut.

Tempat wisata di Jawa Timur ini juga memiliki cara unik untuk mendekatkan pengunjung dengan binatang, mereka mempunyai acara tahunan yaitu Safari Run dan Safari Wild Cycling.

Safari Run merupakan lomba lari sejauh 8 kilometer bersama satwa, seperti Zebra, Jerapah, Kudanil, Gajah, Burung Jenjang Mahkota, dan Antelop.

Tapi tenang, hewan-hewan yang akan dilepas pada Safari Run akan diadaptasi selama satu bulan sebelum acara, dengan lebih sering bertatap muka dengan manusia agar nanti nggak takut saat para peserta lari. Dan pastinya dijaga oleh keeper, jadi aman kok.

Sedangkan Safari Wild Cyling tidak jauh berbeda dengan Safari Run hanya saja pengunjung menggunakan sepeda dengan track lereng Gunung Arjuna.

Ingin cari tahu lebih dalam mengenai Taman Safari ini? Klik aja tautan ini, Taman Safari II Prigen. [teks Rashed Hannan | foto Taman Safari Prigen]