Pionir musik funk William Onyeabor meninggal dunia

1342
0

Pionir Musik Funk William Onyeabor Meninggal Dunia

Salah satu pionir dan legenda musik funk asal Nigeria, William Onyeabor meninggal dunia di usianya yang ke-70 pada Senin (16/9) waktu Nigeria.

Berita kematiannya telah diumumkan melalui akun resmi facebook miliknya yang ditulis oleh label musiknya, Luaka Bop.

Dia meninggal dengan tenang dalam tidurnya setelah sakit yang sangat singkat, di rumahnya di Enugu, Nigeria,” kata Luaka Bop.

Semasa aktif dalam dunia musik dari 1977 hingga 1985, Onyeabor yang terkenal dengan permainan synthesizer-nya telah merilis 9 album yang sangat brilian dan berpengaruh dalam perkembangan musik funk.

Bahkan, sebuah supergroup bernama Atomic Bomb! Band pernah dibentuk hanya untuk menghormati karya-karya Onyeabor. Musisi yang tergabung antara lain ada David Byrne (Talking Heads), Money Mark (Beastie Boys), hingga Damon Albarn (Blur/Gorillaz).

Onyeabor juga merupakan seorang pengusaha sukses dan tokoh yang sangat dihormati di kampung halamannya, di mana ia menjabat sebagai Hakim Perdamaian dan sering disebut sebagai “Chief”.

Source: Maxim Indonesia

Jangan sampai ketinggalan update terbaru seputar dunia musik, film, dan entertainment. StreamingĀ terusĀ Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Annabelle 2 sudah rilis, penasaran?
This is it! Warpaint live in Jakarta!
Vin Diesel kembali beraksi dalam film xXx : The Return of Xander Cage