/rif garap album baru di Abbey Road

2300
0
/rif

/rif bisa dibilang sebagai salah satu band rock paling disegani di Indonesia. Kiprahnya selama 21 tahun di industri musik Tanah Air menjadi bukti kesuksesan dari band yang digawangi Andy [vokal], Jikun [gitar], Maggi [drum], Teddy [bass] dan Ovy [gitar].

Hardrockers yang nge-fans sama /rif boleh tersenyum lebar. Pasalnya, /rif baru saja meluncurkan single anyar berjudul ‘Turn Off The Light”. Untuk pertama kalinya pada 15 Mei lalu, lagu ini diputar oleh berbagai radio di seluruh Indonesia.

Yang menarik, “Turn Off The Light” merupakan salah satu lagu dari album ke-9 /rif yang terbilang istimewa, karena proses rekamannya dilakukan di studio Abbey Road yang berlokasi di London, Inggris. Seperti diketahui, Abbey Road merupakan studio rekaman yang telah menghasilkan album-album dari sejumlah musisi kelas dunia, seperti Adele, Oasis, Sting, Foo Fighters, dan The Beatles.

Demi penggarapan album terbarunya, /rif berada di Inggris sejak tanggal 2-11 Maret 2015. Band asal Bandung ini pun bekerjasama dengan Trilogy Live untuk melakukan proses rekaman. Menurut /rif, merekam album di studio bergengsi tersebut adalah untuk mendapatkan hasil rekaman berkualitas Internasional karena ingin dipasarkan ke Eropa dan Amerika.

“Kita senang album ini ditangani oleh engineer yang berkelas seperti Sam Okell. Kebanggaan buat kita bisa dikerjakan oleh engineer kelas dunia. Ia pun tentunya ingin hasil rekamannya tidak memalukan,” kata Andy seperti dikutip dari Ghiboo.com.

Sebelum berangkat ke Inggris, /rif sudah mempersiapkan lagu-lagu yang akan direkam. Di Inggris, mereka mendapatkan pelajaran berharga, yaitu proses rekaman yang berjalan serba cepat. Alhasil, proses rekamannya sendiri hanya berlangsung selama tiga hari dengan cara live recording. Selain rekaman, di Inggris /rif menyempatkan diri untuk mengunjungi Buckingham, Camden High Street, dan Notting Hill. [teks @YDP_HardRock / @essthia] [foto @bartno]