Serangan London: kabar terkini teror di ibukota Inggris

1182
0

Hingga saat ini, seluruh media elektronik, baik televisi maupun digital, terus diramaikan oleh pemberitaan serangan London yang sejauh ini dikabarkan menelan lima korban tewas dan puluhan luka-luka.

Berikut adalah update terkini mengenai berbagai informasi seputar serangan London seperti yang dikutip dari laman Telegraph.

1. Apa yang terjadi?

Serangan London terjadi di sepanjang setengah jembatan Westminster menuju Gedung Parlemen Inggris yang terjadi pada Rabu (22/3) pukul 2.40 waktu setempat, atau pukul 21.40 WIB.

Bentuk serangannya adalah tabrak lari yang dilakukan pengendara mobil sedan warna abu-abu bermerek Hyundai. Mobil tersebut kemudian berhenti ketika menabrak pagar pembatas Gedung Parlemen.

Selanjutnya, terlihat seorang pria berwajah Asia berlari menuju ke dalam Gedung Parlemen dengan membawa sebuah pisau. Ia terlihat sempat menusuk seorang polisi sebelum akhirnya ditembak mati di tempat.

2. Bagaimana suasana pasca serangan?
Para saksi menggambarkan bagaimana suasana yang terjadi penuh kekacauan dan kepanikan. Salah seorang saksi bernama Richard Tice mengatakan dia keluar dari stasiun kereta bawah tanah Westminster pada sekitar pukul 14:45 dan dihimbau oleh polisi untuk berkumpul di Jembatan Westminster hingga kondisi kembali aman.

Richard mengaku melihat beberapa orang tergeletak di atas trotoar jembatan. Dia dikabari bahwa sebuah mobil naik ke trotoar dan melaju dari selatan ke utara, melintasi jembatan, menabraki orang-orang. “Saya menghitung, ada delapan orang di sepanjang jembatan, dari selatan ke utara – setidaknya delapan,” jelas Richard.

3. Siapakah penyerangnya?

telegraph.co.uk

Meskipun banyak saksi menyebut seorang pria berwajah Asia berusia sekitar 40-an, namun pihak kepolisian setempat, Scotland Yard, belum memberikan pernyataan resmi terkait.

Anggota senior pada Badan Kajian Terorisme di Scotland Yard, Mark Rowley, menolak untuk memberi klarifikasi secara dini. Namun, Rowley menyebut dugaan bahwa pelaku terinspirasi gerakan terorisme internasional, dan kepolisian setempat yakin tahu dengan siapa pelaku terkait berkorelasi.

4. Siapa saja korban tewas?
Lima orang dikabarkan tewas, yakni terdiri dari tiga sipil, pelaku teror, dan polisi yang ditusuk oleh pelaku teror. Adapun nama polisi yang tewas dalam serangan tersebut diketahui bernama Keith Palmer, berusia 48 tahun.

Tiga korban lainnya tewas di tempat setelah mobil pelaku berhentik ketika menabrak pagar Gedung Parlemen, termasuk di dalamnya seorang pejalan kaki wanita yang sempat terlindas bus ketika terjadi serangan.

5. Siapa saja korban luka?
Setidaknya 40 orang dikabarkan mengalami luka-luka, termasuk tiga orang polisi yang tengah berjalan pulang dari upcara pergantian pengawal Istana Buckingham dan tiga siswa berkebangsaan Prancis yang tengah berkunjung ke London.

Dua dari tiga siswa berkebangsaan Prancis tersebut dikabarkan kini tengah dalam kondisi kritis. Sedangkan sisa korban luka lainnya telah mendapat pengobatan dari petugas medis setempat.

Dikabarkan pula terdapat seorang korban wanita yang tercebur ke sungai Thames ketika serangan terjadi. Ada pula lima orang warga negara Korea Selatan (Korsel) menjadi korban luka, termasuk salah satunya seorang nenek berusia 67 tahun. Sementara itu, sejauh ini belum ada kabar korban dari Indonesia.

6. Di mana Perdana Menteri Inggris?

dailystar.co.uk

Perdana Menteri (PM) Inggris, Theresa May, baru saja melakukan rapat dengan anggota Parlemen dan tengah berkumpul di lobby gedung saat serangan terjadi. Saat itu juga, PM Theresa langsung diamankan dengan menggunakan sedan Jaguar berwarna abu-abu metalik untuk kemudian dibawa menuju ke kantornya di Downing Street 10.

7. Bagaimana reaksi dunia?
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, langsung berkicau di Twitter mengucapkan bela sungkawa sekaligus memberi dukungan moril kepada seluruh masyarakat Inggris.

Sementara itu, Presiden Prancis François Hollande dikabarkan langsung menelepon PM Theresa untuk memberi dukungan moril. PM Kanada, Justin Trudeau, disebutkan juga langsung memberi pernyataan mengceam aksi teror tersebut.

Adapun di Indonesia, Presiden Joko Widodo berujar, seperti dikutip dari laman Detik, mengutuk keras serangan tersebut. “Indonesia mengutuk keras tindakan terorisme dalam segala bentuk serta segala manifestasinya,” ujar Presiden Jokowi di Ruang Tunggu Utama Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, Kamis (23/3/2017).

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ISTIMEWA
Source: Esquire

Jangan ketinggalan info terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment, streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Ini bocoran konsep album terbaru The Script
Wajib baca! Review deretan produk baru Apple 2017
Rilis single baru, Maroon 5 jadi jawara di chart Top41!