Siap-siap memilih di Pilkada 2017

1110
0
Pilkada

Pilkada 2017 serentak akan diselenggarakan pada 15 Februari mendatang. Hard Rockers yang sudah memiliki hak pilih, jangan lupa untuk ikutan memilih yaa!

Tapi, pemilihan umum selalu jadi isu di tengah masyarakat kita. Untuk meminimalisir adanya kecurangan, yuk cari tau dulu lebih jauh tentang Pilkada 2017!

Sebelum Pilkada berlangsung, kamu akan didatangi oleh pihak KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) setempat yang akan memberikan sehelai surat yang namanya surat pemberitahuan formulir C6.

Apa sih formulir C6?

Belakangan, terjadi kesalahan penyebutan formulir ini. Banyak yang menganggap ini adalah surat undangan. Hal ini menyebabkan pertanyaan di masyarakat, apakah pemilih yang belum mendapatkan surat ini tidak bisa ikut memilih dalam Pilkada nanti?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik, menjelaskan hal ini,

Harus hati-hati memilih istilah, yang diserahkan itu adalah surat pemberitahuan. Jadi kalau ada penduduk kita yang menjadi pemilih, belum dapat surat pemberitahuan, dia punya hak untuk memilih dan datang ke TPS,” jelas Husni.

Jadi, formulir ini hanya sekedar undangan bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya di TPS nanti. Nggak usah takut, kalau kamu belum dapat, kamu tetap bisa memilih kok, Hard Rockers!

Sarana sosialisasi efektif 

Formulir C6 ini bisa menjadi salah satu sarana sosialisasi yang efektif lho kepada pemilih karena petugas dapat menyampaikan informasi langsung tentang pelaksanaan Pilkada kepada pemilih. Apabila ada yang belum jelas, pemilih pun dapat langsung bertanya kepada petugas.

Saat kamu diberikan formulir ini, manfaatkan waktu ini dengan baik. Tanyalah hal-hal yang masih belum jelas kepada panitia. Supaya kamu nggak bingung sendiri saat Pilkada nanti.

TPS akan dibuka dari Pukul 07.00 WIB sampai Pukul 13.00 WIB pada hari pencoblosan, yaitu Rabu, 15 Februari 2017.

Hard Rockers yang sudah termasuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), dapat langsung membawa formulir C6. Kemudian, diserahkan pada petugas KPPS untuk dicek keasliannya sesuai dengan identitas kamu.

Saat memilih, jangan lupa periksa terlebih dahulu surat suara kamu, pastikan belum digunakan atau dicoblos. Karena kalau kamu sudah masuk bilik, kamu tidak bisa mengklaim atau protes apa pun.

Kemudian, cobloslah salah satu foto pasangan calon, atau pada nomor, atau nama pasangan calon. Setelah itu, celupkan jari kamu ke tinta. Pastikan sampai kena kuku yaa, Hard Rockers! Biar sah!

Pilkada

Gimana? Hard Rockers sudah cukup jelas? Mumpung masih ada waktu, kalau masih ada pertanyaan, kamu bisa langsung bertanya ke petugas setempat, atau kamu bisa kunjungi website resmi KPU atau Pilkada.

[teks Sekar Retno Ayu / sumber kpu.go.id | foto kemendagri.go.id & rapplper.com]

Ada yang mau nonton konser gratis di Bangkok bareng kita? Ada 21 slot tempat di #Rockventure April ini nih! Dengarkan terus 87.6 Hard Rock FMweb streaming

Baca juga:
Nganggur 6 Bulan? Wajar Nggak Sih?
Bruno Mars jawarai chart Top41 dengan “Versace on the Floor”!
Video klip Twenty One Pilots “Heavydirtysoul” sudah dirilis