Taman Nusa, Taman Mini-nya Bali

1503
0
taman nusa

Sudahkah Hard Rockers mengenal Indonesia? Mungkin kebanyakan dari kalian bakal bilang iya, tapi seberapa jauh? Well, mungkin kita sudah tahu ibukota ini, tapi soal sejarah? Nggak banyak di antara kita yang betul-betul mengenal masa-masa lalu Indonesia.

But, you’re not that late kok. Karena, selain di berbagai museum, kalian bisa mengunjungi tempat ini buat mengenal Indonesia dari masa ke masa. Namanya, Taman Nusa.

Konsepnya sih, mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah. Tapi, Taman Nusa tidak sekadar menyediakan miniatur Indonesia. Karena, taman seluas 15 hektar yang terletak di Desa Sidan, Gianyar ini, menampilkan perjalanan waktu di Indonesia mulai dari zaman prasejarah hingga Indonesia di masa depan.

Kerajaan Kutai? Proklamasi ’45? Mei ’98? Harapan bangsa Indonesia? Semuanya ada di sini. Juga lebih dari enam puluh rumah adat Indonesia yang dibangun dengan apik dan presisi.

Tak hanya itu saja. Karena Taman Nusa ini terletak di sekeliling pegunungan hijau, persawahan nan asri, juga Sungai Melangit. Maka, berwisata di sini pun juga semacam bentuk refreshing, melepas penat dari segala tekanan berat. Lupakan deh, segala polusi udara, kemacetan, dan juga pekerjaan yang menumpuk.

Dan, untuk kalian yang ingin memberi kenang-kenangan kepada orang terdekat, Taman Nusa juga menyediakan toko-toko souvenir, lho.

Juga kalau kalian sedang lapar, ada dua pilihan restoran yang bisa kalian kunjungi: Restoran Dapur Nusa, dan Restoran Royal Sidan. Well, Taman Nusa tak hanya mirip dengan Indonesia secara fisik, tetapi juga secara konsep: karena, segala hal juga ada, ‘kan, di Indonesia?« [teks @intankirana | foto taman-nusa.com ]