3 Nafas Likas

1272
0
likas

Namanya Likas Tarigan. Seorang wanita batak karo tangguh, yang senantiasa mengiringi jalan sang suami, Letnan Jendral Djamin Gintings, pejuang kemerdekaan di Tanah Karo.

Sempat melawan Hindia Belanda, serta memimpin pasukan yang terdiri atas anak-anak muda Karo, Djamin berusaha keras untuk mempertahankan Tanah Karo dari kekuatan apapun yang berusaha untuk merenggutnya.

Dari tangan putra putri asli Karo. Djamin dan pasukannya, juga merupakan pelopor bagi Kodam II Bukit Barisan. Bahkan hingga proklamasi usai dikumandangkan, ia tetap berjuang di medan perang [dalam operasi Bukit Barisan]. Membela Tanah Karo, sekaligus bangsa Indonesia. Dari pemberontakan yang bermaksud memecah belah negeri tercinta, Namun memang kehebatan lelaki, tak bisa dilepaskan dari perempuan yang mengirinya.

Kesabaran Likas, keikhlasan dan keteguhannya dalam memegang janji, merupakan hal yang membuatnya dapat mendampingi sang suami hingga menjadi duta besar di Kanada, Ottawa, serta mampu menikmati kemerdekaan yang tenang di bumi Indonesia. Mungkin jika bukan Likas, dan bila tak ada keteguhan hati dari Likas, akankah sang suami dapat membela tanah air hingga titik darah penghabisan?

Lalu kepada siapakah, Likas memegang teguh tiga janjinya? Yang ia bawa hingga nafas penghabisan sang suami, juga sampai usia senja. Dan seperti yang telah disebutkan: untuk siapa kau, Likas, bernapas?

Kalau Hard Rockers penasaran, Lo wajib nonton Tiga Nafas Likas, yang mulai tayang hari ini, Kamis [16/10] dibioskop tanah air. [teks:@intankirana |foto: facebook]