5 tokoh sukses Dunia yang gagal di usia muda

1852
0

Sebagian besar dari kita memiliki ekspektasi agar semua hal baik akan terjadi saat memasuki usia 20an. Sebenarnya hal ini didasarkan pada konspirasi budaya selebriti dan kaum kapitalis yang membuat kita berpikir bahwa jika dalam usia muda tidak dapat meraih kesuksesan, maka selamanya kita akan gagal dalam menjalani kehidupan. Padahal kesuksesan bukanlah soal seberapa cepat kita meraihnya, melainkan bagaimana kita berhasil meraihnya.

Agar tidak patah arang di usia 20-an, berikut kami sajikan lima inspirasi tokoh sukses yang berhasil meraih kesuksesan di usia yang tidak lagi muda. Karena hidup harus terlus berlanjut. Benar begitu, bukan?

1. Vincent van Gogh

Saat masih muda, pria asal Jerman ini tak pernah dikenal sebagai seorang pelukis, dan bahkan ia tidak bekerja sebagai seorang pelukis. Ia bahkan tetap menjalani kehidupan seperti biasa hingga usia 28 tahun. Namun, suatu ketika ia berkata pada saudaranya untuk memulai karirnya sebagai pelukis saat itu juga. Dan pada akhirnya, ia berhasil melukis sebanyak 2000 buah karya seni yang telah terselesaikan dan mendapatkan banyak penghargaan di akhir masa hidupnya.

2. Sylvester Stallone

Mungkin Anda pernah menonton film berjudul Rocky yang mengisahkan tentang seorang petinju tangguh? Ya, Sylvester Stallone, penulis cerita tersebut ternyata pernah menjalani masa kelam dalam hidupnya. Ia sempat menjadi pemain film porno saat usianya masih 20an. Ia melakukan hal tersebut agar mampu membayar uang untuk sewa tempat tinggal. Dan pada usia 30 tahun, barulah ia mengunci dirinya dalam rumah yang sedikit redup untuk mulai menulis cerita tersebut.

3. Kolonel Sanders

Bicara tentang Harland Sanders, tentu kita teringat akan potongan ayam KFC yang sangat mendunia. Ya, pria satu ini sempat menjalankan usaha bengkel hingga usianya mencapai 40 tahun. Setelah itu, ia baru memulai untuk membuka usaha di bidang kuliner. Beberapa hambatan pun sempat menghampirinya hingga saat berusia 60 tahun, ia mulai untuk mengembangkannya melalui jalur waralaba. Dan pada usia 70 tahun, keberuntungan pun datang menghampirinya. KFC begitu mendunia dan menjadi salah satu ikon komersial abad 21 yang mudah diingat oleh banyak orang di seantero jagat.

4. James Dyson

Tak pernah ada seorang pun yang tertarik dengan idenya untuk membuat sebuah vacuum cleaner. Hingga pada usia 39 tahun, akhirnya ia menemukan orang yang membuat hak paten akan idenya tersebut. Alhasil, kini ia menjalani hidup bahagia dengan keluarganya setelah berhasil membuka pabrik peralatan elektronik rumah tangga terkemuka yang selalu hadir dengan beragam inovasi unggulan.

5. Stan Lee

Berbagai karakter pahlawan super (superhero) yang akrab di mata masyarakat, seperti Spider-Man, X-Men, dan Hulk adalah kreasi brilian seorang komikus sekaligus pengusaha hiburan Stan Lee. Butuh waktu sangat lama hingga usia 43, akhirnya Stan Lee meraih sukses. Komik-komik kreasinya disukai publik secara luas dan kini lebih dari separuh karakter ciptaannya telah difilmkan dan mendulang sukses besar di berbagai belahan dunia.

TEKS: AMIN MULIA

EDITOR: HAPPY FERDIAN

FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Jangan ketinggalan info terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment, streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Venom akan menjadi film layar lebar
Tips membuat sendiri kopi enak di rumah
Film manga versi Hollywood, ini dia Ghost in the Shell